oleh

Ini Alasan Dana Bantuan ke Tangsel Menurun Drastis

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Banten, Ali Nurdin Abdul Gani.(yud)

Kabar6-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten kiranya punya alasan memangkas dana bantuan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), hingga jumlahnya sangat merosot tajam.

Alasannya, percepatan pembangunan bagi kabupaten/kota lainnya menjadi masalah penting yang harus diutamakan.

Demikian dikatakan Ketua Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD Banten, Ali Nurdin Abdul Gani‎ ditemui kabar6.com usai menghadiri acara Pelantikan DPC Nasdem se-Kota Tangsel di kawasan Kecamatan Serpong Utara, Jum’at (13/6/2016).

“Mengapa menjadi tidak maksimal‎, faktor dominan kebutuhan masyarakat menjadi pertimbangan kami,” katanya.

Ali melihat, kebutuhan masyarakat di Kota Tangsel yang didukung oleh tingginya laju pertumbuhan ekonomi menjadi bahan pertimbangan. Berbeda dengan daerah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Banten‎ yang masih kalah maju.

Oleh karena itu, lanjutnya, Wakil Rakyat di Banten lebih memprioritaskan porsi dana bantuan yang dikucurkan untuk daerah di Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Serang jumlahnya lebih besar.

Ali melihat kondisi infrastruktur perkotaan hingga pemukiman di Kota Tangsel relatif memadai. Berbeda dengan daerah diatas, kondisi infrastruktur publiknya memprihatinkan.

“Ketersediaan air bersih di wilayah kabupaten yang tadi saya sebutkan saja masih kurang memadai,” terang‎ politisi asal daerah pemili‎han Kabupaten Tangerang itu.

Ali menambahkan, apalagi selama ini kucuran dana hibah yang sudah diterima Kota Tangsel dari Pemerintah DKI Jakarta jumlahnya cukup besar.

Dewan Banten merasa tak adil jika kota yang dipimpin oleh Airin Rachmi Diany itu kembali mendapatkan dana bantuan jumlahnya besar.

‎”Saya kira itu juga menjadi luar biasa. Secara kewilayahan yang lainnya tidak seperti itu. Hubungan komunikasi antara Banten dengan Tangsel juga perlu diperbaiki,” tambahnya.

Diketahui, kini dana yang diterima oleh Kota Tangsel dari Pemprov Banten hanya sebesar Rp 9 miliar. Dibandingkan dengan daerah lainnya di Banten yaitu, Kabupaten Pandeglang mendapat bantuan sebesar Rp45.982.720.000. **Baca juga: Bisnis Mesum Menggeliat, Warga Minta Pemkot Tangsel Adil.

Kabupaten Lebak memperoleh bantuan 123.761.702.000. Kabupaten Tangerang sebesar Rp154.478.255.000, Kabupaten Serang sebesar Rp91.768.078.500, Kota Tangerang Rp21.160.183.000. **Baca juga: Dana Perimbangan Banten ke Tangsel Menyusut Drastis.

Kota Cilegon Rp25.837.471.500, Kota Serang Rp64.494.859.500 dan Kota Tangsel diangka Rp9.065.201.500.(yud)

Berita Terbaru