Ini 8 Temuan Persoalan PPDB Online di Tangsel

Kepala Dindikbud Tangsel Taryono.(yud)

Kabar6-Rapat koordinasi pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dilakukan semalam. Ada sejumlah poin membahas persoalan di tujuh posko pengaduan hingga solusi penanganannya.

“Pertama, orangtua siswa tidak dapat login ke dalam sistem dan server lambat,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono saat dihubungi kabar6.com, Kamis (5/7/2018).

Ia melanjutkan, persoalan kedua Nomor Induk Kependudukan (NIK) pendaftar tidak terdaftar dan perlu diperbaharui. Nilai ujian dan perlu diperbaharui.

Persoalan keempat, kata Taryono, pendaftar dari zona luar Tangsel sulit dilogin. “Banyak kesalahan penginputan yang dilakukan orangtua siswa yang menyebabkan nama siswa tidak masuk dalam sistem,” terangnya.**Baca Juga: Partisipasi MEA, Hotel Santika Premiere ICE BSD Gandeng IULI.

Taryono menambahkan, persoalan keenam yang diketahui dari ketujuh posko-posko pengaduan adanya bukti cetak pendaftaran yg tidak muncul nama pilihan sekolahnya. Siswa masuk zona kecamatan A namun di sistem yg muncul sekolah di zona kecamatan B.

“Sebagian besar permasalahan terjadi karena human error dalam penginputan,” tambahnya.(yud)