oleh

Ini 4 Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Kabar6-Ternyata, musik membawa manfaat cukup besar bagi kesehatan manusia. Khususnya pada mental dan psikologis pendengarnya.

Penelitian membuktikan, musik yang iramanya menyentuh hati, memiliki 4 manfaat tersembunyi bagi pendengarnya. Berikut manfaat mendengarkan musik sebagaimana dikutip Magforwomen;

Mengurangi Sakit Fisik

Dari penelitian diketahui, rasa sakit yang diderita seseorang dapat berkurang ketika mereka mendengarkan musik. Musik mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan oleh seseorang.

Kini, mendengarkan musik telah menjadi pengobatan dari berbagai klinik perawatan untuk meringankan dan mencegah rasa sakit yang dirasakan oleh pasien.

Mengurangi Nafsu Makan

Ketika musik lembut diputar saat kita tengah makan, maka kita akan cenderung fokus pada apa yang kita makan dan berapa banyak makanan yang telah kita konsumsi.

Tapi, Anda harus pastikan musik yang diputar berirama lembut, jika sebaliknya, mendengarkan musik gembira dan beirama menghentak Anda akan cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak.

Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah

Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik berirama gembira dapat memberikan perbedaan nyata pada fungsi pembuluh darah bagi pendengarnya.

Ada peningkatan aliran darah dan membuat jantung memompa darah dengan irama lebih teratur. Tentu saja ini akan berefek baik terhadap jantung serta tubuh karena pasokan oksigen ke otak selalu terjaga.

Meningkatkan Mood dan Mencegah Depresi

Telah terbukti dalam sebuah penelitian mendengarkan musik favorit dapat meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi. **Baca juga: Wow, Gorengan Meningkatkan Resiko Demensia.

Terapi musik menjadi cara cepat untuk mengobati masalah psikologis karena dapat menenangkan saraf dan membantu otak mengirimkan sinyal positif bagi tubuh.(bbs/tom migran)

 

Berita Terbaru