oleh

Ingin Sehat & Berumur Panjang? Hindari 5 Jenis Makanan Ini

Kabar6-Apa yang dikonsumsi sehari-hari mencerminkan kesehatan tubuh seseorang. Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang berumur panjang juga berasal dari makanan dan minuman yang dimakan. Karena itulah seperti dikutip dari Detik, Anda sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan agar tetap sehat dan berumur panjang. Ini dia lima makanan yang dimaksud:

1. Daging olahan
Jennifer Clemente, seorang ahli gizi klinis, mengatakan bahwa mengonsumsi daging olahan secara berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh. “Konsumsi berlebihan (daging olahan) mengubah komposisi mikroba usus mikro, menyebabkan ketidakseimbangan yang dapat menggeser tubuh ke kondisi peradangan kronis,” urainya. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menegaskan bahwa daging olahan dapat menyebabkan kanker karena mengandung karsinogenik.

2. Pemanis buatan
Makanan dan minuman manis dapat mengubah mood menjadi baik, bahkan bisa mengurangi stres. Namun tahukah Anda jika berlebihan mengonsumsi pemanis buatan tidak membuat tubuh menjadi sehat?

Dr Scott Schreiber, dokter chiropractic dan ahli nutrisi klinis, pemanis buatan dapat memicu berbagai penyakit. “Pemanis buatan telah terlibat dalam diabetes, penurunan neurologis, masalah hati, dan lain-lain. Pemanis buatan juga terbukti memicu disbiosis atau ketidakseimbangan tingkat bakteri pelindung mikroba usus,” katanya.

3. Produk susu
Kandungan kalsium dalam susu memang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Namun juga mengandung lemak jenuh, gula, residu antibiotik yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. “Ini membuat sistem pencernaan yang tidak baik, berkontribusi pada penyakit jantung, diabetes, jerawat, dan penambahan berat badan,” jelas Jennifer Clemente.

4. Soda
Soda mengandung kadar gula yang tinggi yang berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes. “Minum soda pada dasarnya seperti meminum gula sederhana yang dikombinasikan dengan bahan kimia. Karena gula sederhana itu menyebabkan respon insulin cepat (dengan lonjakan gula darah),” kata dr Candice Seti, psikolog klinis dan ahli nutrisi bersertifikat.

Ditambahkan Seti, mengonsumsi soda berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin dan sindrom metabolik. Ia juga menghubungkan dengan risiko demensia, asam urat, penyakit jantung, dan obesitas.

5. Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng pasti mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh berasal dari produk hewani, tetapi beberapa produk juga berasal dari nabati, seperti minyak kelapa dan minyak sawit. Sedangkan lemak trans adalah lemak tak jenuh yang dihidrogenasi, yaitu proses pengubahan minyak cair menjadi lemak padat.

Lemak trans ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Karena itu, kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng. ** Baca juga: Rajin Konsumsi Sayuran Hijau Cegah Anda Cepat Pikun

Yuk, mulai jalankan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru