oleh

Ingin Bebas Stres? Jangan Pelit

Kabar6-Mungkin belum banyak yang mengetahui jika sifat pelit dapat mempengaruhi kesehatan seseorang, terutama yang berhubungan dengan tingkat stres.

Semakin Anda pelit, maka tingkat stres akan semakin tinggi. Manusia adalah makhluk sosial, dan tidak bisa berdiri sendiri. Artinya, kita akan selalu memerlukan bantuan orang lain.

Memiliki sifat suka membantu/memberi akan memiliki efek kesehatan yang lebih baik, karena bisa menurunkan kadar stres dalam tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa sifat pelit justru akan sangat mudah membuat Anda stres. Hal ini dibuktikan dengan eksperimen permainan amal. Untuk seseorang yang memberi uang 40 persen atau kurang dari sebagian miliknya, maka memiliki denyut jantung lebih cepat dan kadar hormone kortisol dan stres tinggi daripada yang memberikan uangnya lebih dari angka tersebut.

Hal ini disebabkan oleh keinginan seseorang yang berlebih untuk tetap memiliki dan takut kehilangan uang untuk kepentingan mereka sendiri, sehingga mereka akan terasa terancam ketika harus memberikan sebagian uang atau milik mereka yang paling berharga untuk orang lain. ** Baca juga: Ada Apa Antara Warna Biru & Kesehatan?

Tidak ada salahnya berbagai kepada sesama, terutama yang sangat membutuhkan. Jadi, jika Anda ingin tetap sehat dan terbebas dari stres, jangan pelit ya. (ilj/bbs)

Berita Terbaru