oleh

Imunisasi MR Kabupaten Lebak Tertinggi Kedua se-Banten

Kabar6-Imunisasi MR (Campak dan Rubella) yang masuk dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kabupaten Lebak menempati posisi tertinggi kedua se-Provinsi Banten.

“Imunisasi MR kita tertinggi kedua se-provinsi,” kata Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Tb Mulyawan, Sabtu (20/8/2022).

Per tanggal 19 Agustus 2022, capaian imunisasi MR Kabupaten Lebak sudah 50.275 dari target sebanyak 93.617 anak usia 9-59 bulan.

Selain imunisasi MR, Dinas Kesehatan (Dinkes) juga melaksanakan imunisasi Kejar yang meliputi OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib.

Mulyawan menerangkan, ada beberapa puskesmas yang memang tidak melakukan imunisasi Kejar. Hal tersebut dikarenakan sudah berstatus imunisasi dasar lengkap (IDL).

“Ada juga yang mang hanya fokus di MR karena mengejar 100% masa berlangsung BIAN,” ucap Mulyawan.

Sejauh ini, sejak BIAN dimulai pada 2 Agustus 202 lalu, Dinkes belum mendapat laporan mengenai kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

**Baca juga: 20-21 Agustus, DPMPTSP Lebak Buka Layanan One Day Service NIB dan SIP

Pemberian imunisasi MR dan polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat dilakukan di seluruh kecamatan. Ia mengklaim, masyarakat yang memiliki balita antusias mengikuti program tersebut sebagai upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit.

“Karena bukan hanya pelaksanaan imunisasi tapi di posyandu juga dilaksanakan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan lansia, gizi, penimbangan berat dan tinggi badan anak, pemberian vitamin A, layanan ibu hamil, rematri, posbindu, serta vaksin booster,” papar dia.(Nda)