Ilmuwan Temukan Spesies Baru Kuda Laut

Spesies baru kuda laut yang ditemukan.(sci-news)

Kabar6-Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan familia Syngnathidae. Hewan dengan ukuran yang bervariasi antara 16 mm (untuk spesies Hippocampus denise) sampai 35 cm ini dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia.

Nah, beberapa waktu lalu ditemukan spesies baru kuda laut berwarna sangat terang sehingga mudah terlihat. Dilansir sci-news, spesies baru kuda laut itu ditemukan di Samudra Pasifik utara, dekat Jepang dan Semenanjung Korea.

Spesies baru tadi oleh ahli biologi diberi nama Hippocampus heama atau kuda laut Korea. “Spesies baru ini dapat ditemukan di sepanjang pantai selatan dan tenggara Semenanjung Korea (dari Pulau Soan sampai Ulsan),” kata Dr. Kim Jin-Koo dari Universitas Nasional Pukyong.

Ternyata, spesies kuda laut baru ini pun bisa ditemukan di sepanjang pantai barat Kyushu (sebelah barat Prefektur Kagoshima) dan pantau barat laut Honshu (dari Prefektur Kyoto sampai Prefektur Akita).

Panjang spesies kuda laut baru ini, ditambahkan Dr. Kim, antara lima sampai 11,5 cm. Badannya kurus, dan lubang insang ganda. Kepala dan tubuhnya terlipat pada sudut yang hampir searah, moncongnya memanjang dan menyatu, serta ada sirip panggul.

Hal yang menarik, spesies kuda laut baru ini memiliki warga yang cerah, antara lain hitam, orange, kuning, magenta, klaret, cokelat, abu-abu dengan garis hitam, dan merah. ** Baca juga: Sambut Natal Ada Tren Alis Topi Santa Claus

Ciptaan Yang Kuasa memang luar biasa.(ilj/bbs)