oleh

Ilmuwan Rusia Temukan Spesies Dinosaurus Baru di Siberia

Kabar6-Spesies dinosaurus baru di Siberia, Rusia, ditemukan oleh ilmuwan asal Rusia, yang diyakini hidup di wilayah luas Siberia sekira 120 juta tahun yang lalu. Para ahli menamai spesies baru itu dengan sebutan Siberian Titan.

Ahli paleontologi dari Universitas Negeri Tomsk bersama rekan-rekan mereka dari Universitas St. Petersburg, dilansir express.co.uk, telah mengidentifikasi jenis dinosaurus raksasa yang sebelumnya tidak dikenal setelah mengungkap fosilnya pada tebing di wilayah Kemerovo. Fragmen gigi, tulang belakang dan sakrum membantu peneliti untuk menyadari bahwa temuan mereka termasuk spesies dinosaurus baru.

Makhluk itu memiliki leher panjang dan ekor yang kuat, ukurannya bisa mencapai panjang hingga 12 meter dan beratnya hampir sepuluh ton. Meskipun memiliki ukuran yang luar biasa, para ilmuwan mencatat bahwa binatang itu bukanlah yang terbesar di kelompok sauropoda pemakan tumbuhan raksasa.

Menurut siaran pers kedua universitas tersebut, makhluk itu secara formal dinamakan ‘sibirotitan astrosacralis’, berdasarkan daerah yang dihuni dan tulang rusuknya disusun dalam bentuk bintang.

Diketahui, sisa-sisa dari Siberian Titan pertama kali ditemukan pada 2008 lalu. Sisa-sisa tersebut, yang memerlukan beberapa usaha untuk diekstraksi dari batu pasir di tebing dekat desa Shestakovo. Para periset harus hati-hati menggali tulang dari batu setinggi empat meter. ** Baca juga: Mengerikan! Sebanyak 50 Hiu Berenang di Tepi Pantai Inggris

Titan Siberia adalah sauropoda kedua yang digali dan digambarkan di Rusia setelah penemuan Tengrisaurus pada 2017.(ilj/bbs)

Berita Terbaru