oleh

Ilmuwan NASA Kumpulkan Petunjuk dari Danau Turki untuk Memburu Alien di Mars

Kabar6-Para ilmuwan NASA berburu tanda-tanda kehidupan purba di planet Mars, dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari Danau Salda, di barat daya Turki.

Mineral dan endapan batuan di Danau Salda, melansir thestar, dikatakan para ilmuwan adalah yang paling cocok di Bumi dengan yang ada di sekitar Kawah Jezero, tempat pesawat ruang angkasa itu mendarat dan diyakini pernah dipenuhi air.

Informasi yang dikumpulkan dari Danau Salda dapat membantu para ilmuwan saat mereka mencari jejak fosil kehidupan mikroba yang terawetkan dalam sedimen, diduga telah mengendap di sekitar delta dan danau yang telah lama menghilang yang pernah diumpankannya.

“Salda akan berfungsi sebagai analogi yang kuat di mana kita dapat belajar dan mengetahui kondisi planet lain,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi
NASA untuk sains.

Sebuah tim ilmuwan planet Amerika dan Turki melakukan penelitian pada 2019 lalu di garis pantai danau, yang dikenal sebagai ‘Maladewa’ Turki karena airnya yang biru dan pantainya yang putih.

Ilmuwan percaya, sedimen di sekitar danau terkikis dari gundukan besar yang terbentuk dengan bantuan mikroba dan dikenal sebagai microbialites. ** Baca juga: Misterius, Ditemukan Bangkai Hewan Laut Seberat 4 Ton Terdampar di Pantai Inggris

Tim di balik penjelajah Perseverance yang merupakan lab astrobiologi tercanggih yang pernah diterbangkan ke dunia lain, ingin mencari tahu apakah ada mikroba di Kawah Jezero.

Mereka juga akan membandingkan sedimen pantai dari Salda dengan mineral karbonat, yang terbentuk dari karbon dioksida dan air, bahan utama kehidupan, yang terdeteksi di pinggiran Kawah Jezero.

“Ketika kami menemukan sesuatu di Perseverance, kami dapat kembali untuk melihat Danau Salda untuk benar-benar melihat kedua proses, (melihat) persamaan tetapi yang sama pentingnya,” terang Zurbuchen.

Sampel batuan yang dibor dari tanah Mars harus disimpan di permukaan untuk diambil dan dikirim ke Bumi oleh dua misi robotik di masa depan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru