oleh

Ilmuwan India Identifikasi Mutasi Virus Corona yang Lebih Berbahaya

Kabar6-Ada banyak temuan yang berkaitan dengan virus corona. Kali ini, para ilmuwan di India telah mengidentifikasi jenis mutasi dari virus corona COVID-19, yang disebut cepat menyebar dan menjadi dominan di seluruh dunia.

Virus ini, melansir timesofindia, setidaknya telah bermutasi menjadi 10 jenis yang berbeda, salah satu di antaranya disebut lebih berbahaya. Jenis mutasi yang dinamai A2a oleh para ilmuwan ini dilaporkan jadi jenis yang berhasil cepat menyebar luas di tengah populasi manusia.

Para ilmuwan di National Institute of Biomedical Genomics (NIBMG) India menyebut A2a ini jadi jenis yang lebih dominan muncul di dunia.

Strain A2a ini disebut jauh lebih berbahaya dibandingkan jenis virus asli dari Tiongkok, yang mereka sebut sebagai tipe O. Seorang ahli genetika senior di NIBMG bernama Partha Majumder mengatakan, mutasi A2a lebih efektif dalam menginfeksi manusia dibandingkan jenis mutasi lain.

“Kami percaya, bahwa jenis mutasi virus yang dominan menyebar di belahan dunia dan menyusup di tengah populasi manusia ini adalah A2a,” jelas Partha. ** Baca juga: Sejumlah Aturan Ketat Cara Berbusana di Korea Utara

Dikatakan Partha, strain virus ini sudah diidentifikasi dan akan difokuskan oleh para ilmuwan untuk mendapatkan vaksin penangkalnya. Berdasarkan studi yang mereka lakukan, urutan genom atau jenis virus yang ditemukan dari 3.636 pasien COVID-19 di 55 negara, 51 persennya adalah strain A2a.

Bahkan pada Februari dan Maret, studi NIBMG ini juga menunjukkan strain A2a ini lebih dominan ditemukan di Brasil, Kongo, Islandia, Italia, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Namun, data dari Tiongkok belum tersedia sejak akhir Februari lalu, sehingga para ilmuwan belum bisa memastikan apakah strain A2a ini juga menyebar di sana.(ilj/bbs)

Berita Terbaru