Ikuti 6 Pola Hidup yang Bikin Anda Awet Muda

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kunci agar tetap berenergi layaknya saat masih muda tidak lain adalah menjaga pola makan dan gaya hidup sejak dini. Apakah hal ini berarti Anda terlambat jika mengubah pola makan di usia yang telah mendekati kepala empat? Jawabannya tentu saja tidak.

Jika umur Anda sudah mendekati kepala empat, ada enam pola hidup yang dapat membantu Anda awet muda. Dikutip dari berbagai sumber, berikut pola hidup yang dimaksud:

1. Pikirkan & lakukanlah hal-hal positif yang Anda sukai
Cara agar tetap awet muda pertama yang harus Anda lakukan adalah memenuhi hari-hari dan pikiran Anda dengan hal yang positif. Bergeraklah setiap hari, carilah kesibukkan yang menyenangkan pikiran Anda.

Jangan biarkan tubuh menjadi lemas karena tidak terbiasa untuk bergerak. Usia tentunya bukan halangan bagi Anda untuk mulai memiliki hobi yang positif. Meskipun demikian, perhatikan pula batasan-batasan kegiatan yang Anda lakukan.

2. Mulai mengonsumsi makanan & minuman sehat
Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh jangka panjang. Dengan menyeimbangkan pola makan dan memasukkan sayur, buah, protein, mineral dan vitamin yang cukup di dalam menu, Anda dapat mempertahankan energi masa muda. Selain itu, jangan lupa untuk lebih banyak mengonsumsi air putih.

3. Olahraga
Bagi Anda yang sudah berumur, cobalah yoga yang dapat membawa pikiran lebih tenang dan santai, namun tetap dalam aktivitas yang sehat. Jika tubuh sudah tidak kuat berolahraga lagi, Anda dapat mencoba berjalan santai di luar ruangan sambil menikmati udara pagi atau sore hari yang segar.

4. Bersosialisasi
Rajin bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar dapat menbuat Anda awet muda. Menghabiskan banyak waktu untuk berbincang dan bercanda bersama keluarga maupun teman memang membuat seseorang berumur lebih panjang dan merasa lebih muda.

Sosialisasi yang positif ini dapat mendorong emosi dalam tubuh Anda untuk menghasilkan energi-energi yang positif pula. Ditambah lagi, hal ini juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

5. Tidur cukup
Meghan Telpner, ahli gizi Holistik dari Kanada, mengatakan bahwa tidur yang baik bagi seseorang itu setidaknya delapan jam per hari. Alasannya, saat tidur tubuh Anda akan melakukan penyembuhan dan perbaikan dalam diri. Jadi jika kurang tidur, sistem kekebalan tubuh dan kondisi kesehatan Anda akan cepat menurun. Hasilnya, Anda menjadi lebih rentan terkena penyakit di hari tua nanti.

6. Nikmati hidup
Nikmati setiap detik hidup Anda dan mengurangi kebiasaan mengeluh. Jangan terlalu banyak memikirkan sesuatu yang akhirnya hanya membebani pikiran Anda. Kebahagiaan sehari-hari dalam hidup inilah yang kemudian dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Hasilnya, Anda akan jarang terkena penyakit dan merasa lebih berenergi di usia tua nanti. ** Baca juga: Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya

Selamat mencoba.(ilj/bbs)