oleh

Idul Adha, Moment Peternak Raup Untung

Kabar6-Seiring dengan akan datangnya Hari Raya Idul Adha 19 hari lagi, geliat pedagang hewan qurban mulai ramai mewarnai pelosok wilayah Kota Tangerang.

Pengamatan kabar6.com, di salah satu titik niaga hewan qurban di Jalan TMP Taruna, Pasar Anyar, Kota Tangerang, Kamis (26/9/2013), harga hewan qurban saat ini sudah naik 100 persen dibanding hari biasa.

Ya, harga 1 ekor kambing jantan dewasa sudah mencapai antara Rp. 1,5 juta sampai Rp. 3 juta. Sedangkan harga 1 ekor sapi terbaik bahkan bisa sampai tembus Rp. 30 juta.

Sementara Merdi, seorang peternak kambing di Poris Indah, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, mengakui keuntungan besar bisa diraup pada moment tahunan Hari Raya Idul Adha.

“Peternak kambing ya untungnya pada saat moment Idul Adha seperti sekarang. Omset penjualan ternak kambing saya bisa tembus sampai 80 juta,” ujar Merdi.

Namun demikian, sebagai peternak Merdi harus pintar-pintar mengelola keuangan. Karena, selain moment hari besar keagamaan, peternakannya hanya memasok untuk kebutuhan pedagang sate saja.

“Keuntungan pada saat moment seperti sekarang, harus benar-benar dikelola dengan baik. Karena, kalau tidak ada moment, omset peternakan akan anjlok,” ujarnya.(arsa)

Berita Terbaru