oleh

Idul Adha 2022, Wali Kota Tangsel Benyamin: Mari Tingkatkan Empati dan Peduli Sesama

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyerahkan total 77 ekor hewan ternak. Sebanyak 40 ekor sapi dan 37 ekor kambing disalurkan kepada masyarakat sekitar bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1443 Hijriah.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya terutama bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie dalam sambutannya saat salat Idul Adha di Islamic Centre, Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Minggu (10/7/2022).

Dijelaskan, pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan panduan penyelenggaraan idul kurban. Demi memberikan rasa aman kepada umat islam di tengah wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie simbolis serahkan sapi kurban di Islamic Centre, Serpong.(yud)

“Berdasarkan surat edaran tersebut dan dengan memperhatikan protokol kesehatan juga memperhatika. Kesehatan hewan kurban sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat,” jelas Benyamin.

Idul Adha menjadi sebuah peringatan mengenai kurban yang menggambarkan keikhlasan Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya Nabi Ismail di jalan Allah SWT. Kurban merupakan kata serapan dari bahasa Arab yang artinya pendekatan, sehingga dapat diartikan kurban adalah penyembelihan hewan ternak dalam rangka pendekatan diri kepada Allah.

Benyamin mengajak pada peringatan Idul Adha kali ini sebagai sarana meningkatkan ketaqwaan kepada Sang Pencipta, dan juga saat diwujudkan melalui kepedulian manusia terhadap sesama. Alangkah baiknya juga dimaknai dengan berbagi kepada sesama.

Membagikan daging hasil kurban kepada orang-orang sekitar, terlebih bagi mereka yang tidak mampu. Sehingga setiap individu dapat merasakan kebahagiaan yang sama dan ini merupakan kepedulian sosial tinggi.

Benyamin berharap kepedulian sosial ini dapat dilakukan setiap saat tanpa harus menunggu Hari Raya Idul Adha. “Saya ingin mengajak seluruh masyarakat Kota Tangsel untuk mari kita tingkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Dimana telah menanti pahala besar dari Allah Subhanahu Wata’ala bagi kita semua yang menyisihkan apa yang kita miliki untuk kebaikan berbagi kepada sesama yang membutuhkan,” ujar Benyamin.

**Baca juga: Soal Penghapusan Honorer, Wali Kota Tangsel: Tahun Ini 1035 Guru Diangkat PPPK

Ia menambahkan, Alhamdulillah puji syukur juga perlu dipanjatkan kepada Allah SWT karena setelah dua tahun umat Islam mengalami penundaan ibadah haji akibat pandemi Covid-19. Pada tahun ini umat muslim termasuk jamaah asal Kota Tangsel bisa kembali menunaikan rukun Islam kelima.

“Mari kita doakan semoga para jamaah calon haji yang mendapat kesempatan berangkat ke Tanah Suci dapat beribadah dengan khusyu dan dilancarkan segala rukun-rukun hajinya. Sehingga dapat kembali berkumpul bersama keluarga dan menjadi haji yang mabrur,” tambah Benyamin.(Adv)