oleh

ICMI Banten Nilai Demokrasi Saat Ini Mengalami Kemunduran

Kabar6-Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Banten, Lili Romli mengatakan, iklim demokrasi saat ini kondisinya justeru mengalami kemunduran.

Hal itu karena kotak kosong terus bermunculan melawan petahana pada gelaran Pilkada di sejumlah daerah yang menggelar Pilkada di Provinsi Banten kemarin.

“Demokrasi kita, bukannya makin maju, justeru malah mundur,” kata Lili, Senin (26/8/2019).

Menurutnya, ciri jalannya demokrasi di suatu daerah yang melaksanakan Pilkada, seharusnya bisa menampilkan kontestan agar bisa dipilih oleh masyarakat, minimial sedikitnya dua orang bahkan lebih agar bisa dipilih masyarakat.

Tidak seperti terjadi seperti selama ini, kerap muncul lawan kotak kosong saat Pilkada. Seperti terjadi di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kabupaten Lebak.

“Kalau satu kan bukan kontestan. Seharusnya ada kontestasi, minimal ada dua atau lebih,” katanya.

Dengan lahirnya calon kepala daerah lebih dari satu orang tadi, diharapkan bisa menjadi opsi pilihan bagi masyarakat, dalam menentukan calon pimpinannya kedepan, berdasarkan penilaiannya masing-masing.

“Seharusnya minimal dua, pertama ada kontestan, kalau satunkan bukan kontestan. Sehingga masyarakat diberikan pilihan-pilihan mana yang baik dianyaranya,” bebernya.

Selain itu, lanjit Lili, demokrasi juga seharusnya busa menghadirkan kompetisi.

Sebelumnya, dirinya juga pernah menuliskan mengenai kemunduran demokrasi di Banten, akibat 3 Kabupaten dan Kota yang sebelumnya pernah melaksanakan Pilkada justeru diisi oleh lawan dari kotak kosong.**Baca juga: Gerindra Belum Restui Sufi Dasco Ikut Pilkada Tangsel, Istri Sandiaga Berpeluang Diusung.

“Seperti tidak ada kandidat saja,” tandasnya.(Den)

Berita Terbaru