oleh

HUT RI, Satpas Polres Metro Tangerang Kenakan Pakaian Pahlawan

Kabar6-Suasana berbeda nampak terasa pada pelaksanaan kegiatan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di wilayah hukum Polres Metro Tangerang, dibanding hari biasanya.

 

Ya, ketidaklaziman tersebut terlihat dari sejumlah personel di Satuan Pelayanan SIM (Satpas), yang mengenakan bermacam-macam jenis pakaian/seragam pejuang, saat melaksanakan tugasnya.

 

“Ini adalah dalam rangka, upaya memperingati HUT RI (Hari Ulang Tahun Republik Indonesia). Jadi, untuk sekarang-sekarang ini, personel akan memakai pakaian ala pejuang,” ungkap Kasubnit Reviden, Iptu Antonius Simare Mare, kepada wartawan, di sela-sela aktivitas tugasnya, Sabtu (15/8/2015) pagi.

 

Menurutnya, selain untuk meningkatkan rasa patriotisme personel di jajaran Satlantas Polres setempat, makna penting lain yang tersirat dalam pengenaan seragam itu juga sebagai renungan jiwa, sebagai bentuk ucapan doa dan terima kasih atas perjuangan seluruh pahlawan negeri ini, di masa lampau.

 

“Maknanya banyak sekali. Pertama adalah menumbuhkan rasa patriotisme, kemudian juga sebagai upaya mengenang jasa para pahlawan kita di masa-masa perjuangan. Dan ternyata, hasilnya juga dapat mencairkan suasana, mereka para pemohon kayanya lebih gak canggung saat tanya-tanya sama kita,” jelas dia.

 

Sementara itu, Lulu (26), salah seorang pemohon SIM A, asal warga Kecamatan Batu Ceper pun mengakui, adanya perbedaan suasana. Dirinya juga mengklaim puas atas pelayanan yang diberikan para petugas.

 

“Alhamdulillah saya lulus dan sudah dapat SIM. Iya, pas masuk liat agak berbeda, seneng juga jadi terlihat ramah kalau pakai seragam pahlawan begini,” pungkasnya. ** Baca juga: Puluhan Motor & 30 ABG Terjaring Razia Polres Tangerang

 

Pantauan di lapangan, pelayanan SIM di lokasi tersebut telah dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Sejauh itu, puluhan pemohon sudah mengantre giliran, mulai dari pendaftaran, tes teori, praktik, pengambilan foto hingga penyelesaian.

 

Petugas pun, berkali-kali menyisipkan imbauan perihal berkendara yang baik kepada para pemohon. Termasuk, terhadap rambu-rambu lalu lintas di jalan. (ges)

Berita Terbaru