oleh

HUT PPNI, ‘Dance’ Cuci Tangan di RS Awal Bros

Pasien ikut dance cuci tangan di RS Awal Bros.(foto:tia)

Kabar6- Peringatan HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-43, Rumah Sakit Awal Bros Cikokol, Kota Tangerang gelar gerakan cuci tangan serentak, Jumat (17/3/2017).

Gerakan ini juga diikuti oleh seluruh pasien, pengunjung, dan staf di rumah sakit, klinik dan puskesmas yang ada di seluruh Indonesia dan akan didaftarkan dalam rekor MURI Indonesia.

“Ya, kegiatan ini digagas oleh PPNI pusat. Untuk di RS Awal Bros, kegiatan diawali dengan sosialisasi cara mencuci tangan yang benar dan pentingnya cuci tangan untuk menangkal berbagai macam penyakit,” ujar Ketua Pelaksana Hut PPNI RS Awal Bros, Roslayni kepada kabar6.com.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa dance modifikasi cuci tangan sebagai media sosialisasi cara cuci tangan yang baik.

“Ada sekitar tiga lagu yang dibuat gerakan dance cuci tangan oleh tim perawat, sehingga sosialisasi cuci tangan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan,” paparnya.

Menurutnya, tangan merupakan media perantara penyebar virus dan penyakit yang seringkali tidak diperhatikan oleh masyarakat. Sehingga, perlu diperhatikan kebersihannya.

“Saat tangan sehabis bersalaman, memegang benda, misalnya gagang pintu, maka sebaiknya segera mencuci tangan menggunakan cairan antiseptik. Sedangkan untuk debu dan kotoran yang menempel di tangan harus dibersihkan dengan air mengalir. Ini yang sering luput dari masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Rosmawati (48) salah satu pasien yang mengikuti gerakan cuci tangan mengaku sangat antusias mengikuti sosialisasi.

“Ada dance cuci tangan juga, sangat menarik. Awalnya saya tidak tau kalau cuci tangan ada langkah-langkahnya. Sosialisasi ini sangat membantu, sekarang saya bisa mempraktekannya di rumah,” pungkasnya. (tia)

Berita Terbaru