oleh

HUT Ke-72, Kabupaten Tangerang Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Kabar6-Menginjak usia ke 72, Kabupaten Tangerang kembali meraih pengargaan bergengsi. Kali ini, Kabupaten Tangerang meraih penghargaan Kabupaten/Kota Sehat yang di berikan oleh Kementerian Kesehatan RI, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 51 tahun 2015, di Hotel Bidakara, Jakarta, Jum’at, (29/11/2015).

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Prof. Dr. Nila Farid Moeloek. Pemkab Tangerang dinilai berprestasi pada bidang pembangunan kesehatan.

Dalam sambutannya, Menkes Nila mengatakan, promosi kesehatan dan pencegahan penyakit berperan penting dalam pembangunan kesehatan di daerah. Diharapkan penghargaan yang diberikan bisa memotivasi kepala daerah untuk terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

“Paradigma saat ini adalah paradigma sehat. Tugas fasilitas kesehatan primer ialah, mencari cara bagaimana agar masyarakat tidak jatuh sakit,” ujar Menkes.

Dikatakan Menkes, berbagai penghargaan bidang kesehatan telah diberikan kepada individu dan institusi, yang berprestasi dalam bidang penyehatan lingkungan, pengendalian penyakit, pelayanan di fasilitas kesehatan, pendidikan tenaga kesehatan, dan karya seni budaya bertema kesehatan.

Sedangkan tujuan diberikannya penghargaan itu adalah, agar segenap lapisan masyarakat dari waktu-kewaktu senantiasa mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat. pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya serta kualitas hidup bangsa Indonesia yang sebaik-baiknya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaeni mengungkapkan, penghargaan Swasti Saba Wiwerda yang diraih, merupakan hasil jerih payah semua SKPD terkait.

Jadi, kata Naniek, ada penekanan yang dinilai. Seperti sarana prasarana umum, masyarakat mandiri hidup sehat, ketahanan pangan dan gizi sehat.

“Ini merupakan komitmen dari kepala daerah itu yang paling utama. Kemudian didukung oleh Forum Kabupaten Tangerang Sehat (FKTS) sampai ke tingkat kecamatan bahkan sampai tingkat desa, juga SKPD terkait,” ujarnya.

Sedianya, kata Naniek, Kabupaten Tangerang sudah mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa pada dua tahun lalu. “Dan, sekarang kita meningkat lagi dapat Penghargaan Swasti Saba manjadi Wiwerda,” ujarnya.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar berharap, dengan diraihnya penghargaan  Swasti Saba Wiwerda, jajarannya dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan, mulai dari Puskesmas hingga pelayanan rumah sakit umum.

Dan tentunya, semua itu berkat dukungan dari masyarakat yang terus menjaga kebersihan lingkungan, sehingga derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Tangerang meningkat.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang kita raih. Lain dari pada itu, penghargaan ini merupakan wujud nyata kinerja di seluruh SKPD dan masyarakat. Sehingga pada akhirnya, semua dapat merasakan hasil yang terbaik,” ujar Bupati Zaki usai melaksanakan upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional Tingkat Kabupaten Tangerang.(ADV)

Berita Terbaru