oleh

HUT Ke-53, BPN Tingkatkan Pelayanan Menyeluruh

Kabar6-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang berkomitmen meningkatan pelayanan secara menyeluruh untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Peningkatan pelayanan ini, dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) BPN ke-53. Hal tersebut, dikemukakan Kepala Kantor BPN Kabupaten Tangeang, Sudaryanto, kepada Kabar6.com, Selasa (24/9/2013).

Melalui hari jadi ke-53, kata Sudaryanto, lembaga yang di pimpinnya akan terus memperbaiki serta memprioritaskan pelayanan terbaik untuk masyarakat  di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pria yang hoby bernyanyi dan menyukai olahraga ini mengklaim, bahwa pelayanan terbaik sudah menjadi komitmen yang tidak bisa di tunda atau di kesampingkan. Itu demi membuat masyarakat nyaman dan tertib hukum.

“Tentunya kami sangat berharap adanya saran dan masukkan konstruktif dari masyarakat. Tujuannya, supaya kami bisa menyelaraskan antara kebutuhan dan ekspektasi warga atas program yang tengah di terapkan,” ujarnya.

Sementara, wujud nyata dari komitmen pelayanan terbaik yang ditunjukkan adalah, BPN telah menerapkan berbagai program diantaranya, program Layanan Prima atau Quick Wins Service, One Day Service dan Weekend Service.

Sejumlah program yang sedang digagas BPN ini tentunya akan memungkinkan masyarakat untuk mengurus semua persoalan yang berhubungan dengan pertanahan secara langsung.

Mulai dari pendaftaran hak atas tanah, pengaturan dan penataan pertanahan, pengendalian pertanahan dan pengendalian masyarakat, pengkajian dan penanganan sengketa serta konflik pertanahan dan pengukuran  pemetaan.

“Untuk program One Day Service sudah disiapkan loket tersendiri. Program ini, melayani 8 item pelayanan yakni, Pengecekan Sertifikat, Peningkatan Hak (RSS), Roya (Murni), Pencatatan Blokir, Pencatatan Sita, SKPT, Pendaftaran SK Hak Milik (Sudah ada surat ukur) dan perpanjangan Hak (Tanpa ganti blangko),” bebernya.

Dijelasknnya, program One Day Service ini, hanya membutuhkan waktu sekitar 1-8 jam setiap hari. Sedangkan, program Quick Wins Service yang melayani balik nama dan pendaftaran hak tanggungan, hanya membutuhkan waktu sekitar 5-7 hari kerja.

Berbagai program yang disuguhkan itu, diakui Sudaryanto selaras dengan tajuk pada milad BPN kali ini, “Dengan semangat dan jiwa Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) serta berpedoman kepada Sapta Tertib Pertanahan kita sukseskan Pelaksanaan Program Strategis Pertanahan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat”.(din)

Berita Terbaru