oleh

Huek…Bakteri Toilet Bisa Tersimpan dalam Botol Minum Isi Ulang

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Biasanya orang memilih membawa botol minuman sendiri sehingga bisa diisi ulang. Namun mungkin ada hal yang belum Anda sadari bahwa botol minum isi ulang yang dipakai setiap hari ternyata mengandung banyak bakteri yang tak terjangkau saat dibersihkan.

Data yang dikumpulkan pada 2016, dilansir dari Huffington Post, menyebutkan bahwa botol minum isi ulang memiliki banyak organisme mikro seperti kuman dan bakteri.

Hal yang mengejutkan, data tersebut menyebutkan bahwa setelah melalui penelitian lebih lanjut, mikroorganisme tersebut memiliki kesamaan dengan bakteri yang ada di dudukan toilet.

Dalam pemeriksaan ini, dikutip dari viva.co.id, peneliti mengumpulkan 12 sampel dari tiga jenis botol air yang tidak dicuci selama seminggu. Hasilnya, beberapa botol memiliki sekira 300 ribu unit pembentuk koloni bakteri per sentimeter persegi.

Sebagai perbandingan, peneliti juga memeriksa sebuah mainan hewan peliharaan. Rata-rata, memiliki kurang dari 3.000 bakteri per sentimeter persegi.

Namun penelitian ini masih berstatus peer-review dalam jurnal penelitiannya, dengan kata lain penelitian tersebut belum melewati pengujian yang kuat, sehingga hampir tidak definitif.

Tapi di sisi lain, penelitian ini seakan menguatkan penelitian sebelumnya pada 2001, soal botol minum yang tidak dicuci merupakan sarang kuman. Dalam penelitian lalu yang diterbitkan di Canadian Journal of Public Health, diungkapkan bahwa hampir dua pertiga sampel botol minum yang tidak dicuci ternyata memiliki tingkat bakteri yang melebihi pedoman air minum yang bersih. Kemungkinan, sumber kontaminasi dari tangan anak-anak.

Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 70 sampel air dari botol siswa sekolah dasar, beberapa di antaranya digunakan kembali tanpa dibersihkan.

“Cuci tangan yang tidak memadai dan tidak tepat setelah siswa menggunakan fasilitas kamar mandi dapat mengakibatkan pencemaran bakteri Koliform Fekal di daerah kelas,” tulis para penulis penelitian.

Koliform Fekal adalah bakteri yang sering dijadikan indikator adanya bakteri patogen lain pada air seperti virus, protozoa, dan parasit. Selain itu, bakteri pembusuk ini juga memproduksi bermacam-macam racun seperti indol dan skatol yang dapat menimbulkan penyakit bila jumlahnya berlebih di dalam tubuh. ** Baca juga: Dalam Kondisi Tertentu, Tidak Disarankan Konsumsi Susu

Jadi lebih teliti lagi saat mencuci botol minuman ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru