oleh

Hueekk…Di Jepang Ada Inovasi Makanan Baru Steak Tinja

Daging dari tinja untuk steak.(Daily Mail)
Daging dari tinja untuk steak.(Daily Mail)

Kabar6-Untuk menghadapi krisis pangan, sekaligus merespon masalah pengelolaan tinja, Mitsuyuki Ikeda dari Okayama Laboratory, Jepang, menciptakan inovasi makanan dari tinja manusia, steak tinja.

Setelah melakukan penelitian, dilansir Daily Mail, Ikeda menemukan adanya kandungan protein tinggi dalam lumpur limbah tinja. Pembuatannya adalah dengan mengekstrak protein limbah, lalu memberi cairan enhancer.

Setelah setengah jadi, daging buatan dimasukkan ke alat exploder untuk diolah sebelum dapat benar-benar dimakan. Agar warnanya terlihat merah segar seperti daging pada umumnya, ia menambahkan cairan pewarna dan menambahkan protein kacang kedelai. Dikatakan, rasa steak ini sama seperti steak daging sapi biasa.

Sayangnya, sebelum benar-benar bisa dimakan, ada beberapa masalah yang harus diatasi. Pertama, biaya pembuatan steak daging kotoran ini lumayan mahal. Bisa mencapai 10-20 kali lipat dari pembuatan steak daging sapi biasa.

Masalah kedua, tentu saja rasa jijik yang menghinggapi para konsumen ketika tahu bahan baku daging steaknya terbuat dari tinja manusia. “Banyak orang pasti enggan untuk memakannya,” kata Ikeda.

Dikatakan, masalah kedua mungkin bisa ditekan dengan menawarkan komposisi gizi steak ini yang cukup tinggi, yakni 63 persen protein, 25 persen karbohidrat, sembilan persen mineral, dan tiga persen lipid.

Steak daging sapi berbahan tinja ini juga menyumbang penyelesaian masalah lingkungan. Diketahui, rantai industri daging telah menyumbang 18 persen emisi gas rumah kaca. ** Baca juga: Dasar Sinting, Shoshan Minta Pengadilan untuk Menghukum Tuhan

Penasaran ingin mencoba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru