Hormon yang Pengaruhi Ukuran Jari Anda

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Hormon seks yang ada sejak awal perkembangan embrio, menurut para peneliti, ternyata juga menentukan panjang jari tangan seseorang.

Diketahui, jari manis seorang pria pada umumnya lebih panjang daripada jari telunjuknya. Hal sebaliknya terjadi pada wanita. Melansir Futurity, penemuan ini menunjukkan bagaimana hormon seks yang berbeda akan memicu reseptor yang berbeda para pria dan wanita sehingga panjang jari tangannya pun berbeda.

Dalam penelitian ditunjukkan peranan genetika dari berbagai penelitian lainnya yang telah menemukan adanya hubungan antara ukuran jari tangan seseorang dengan berbagai hal lainnya seperti jumlah sperma, perilaku agresif, kemampuan bermain musik, orientasi seksual, kehebatan dalam berolahraga, autisme, depresi, serangan jantung, dan kanker payudara.

Para peneliti menemukan, pertumbuhan jari tangan seseorang dipengaruhi secara langsung oleh aktivitas reseptor androgen dan estrogen. Jadi panjang jari tangan seseorang dapat memberi petunjuk mengenai bagaimana aktivitas androgen (testosteron) dan estrogen di dalam tubuhnya, yang mungkin dapat membantu menjelaskan bagaimana suatu penyakit dapat terjadi.

Dengan mengamati perkembangan jari tangan hewan percobaan, para peneliti berhasil menemukan gen mana yang sensitif terhadap androgen dan estrogen. Ditemukan bahwa semakin banyak androgen yang dihasilkan, maka jari manis seseorang akan menjadi lebih panjang daripada jari telunjuknya. Sedangkan bila estrogen yang lebih banyak dihasilkan, maka jari telunjuklah yang akan menjadi lebih panjang daripada jari manis. ** Baca juga: Makanan & Minuman yang Sehat Dijadikan Camilan di Sela-sela Kerja

Ditemukan juga 19 gen yang sensitif terhadap androgen dan estrogen. Melalui penemuan ini, para peneliti sekarang sedang memfokuskan penelitiannya pada apakah ada hubungan antara ukuran jari tangan seseorang dengan perilaku seksnya, gangguan sistem kekebalan tubuh, gangguan jantung dan pembuluh darah, serta beberapa jenis kanker.(ilj/bbs)