Hormon Apa Saja yang Terkait Penurunan Berat Badan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang memiliki bobot berlebih berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Masalah penurunan berat badan tidak hanya menyangkut pola hidup yang seimbang, pola makan, ataupun olahraga, namun juga beberapa hormon tertentu yang berkaitan erat dengan proses penurunan berat badan seseorang.

Hormon apa sajakah itu? Berikut uraiannya, dikutip dari panduanhidupsehat.com:

1. Hormon ghrelin
Merupakan jenis hormon yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan seseorang. Hormon inilah yang akan mengirimkan sinyal lapar ke otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet rendah kalori selama satu tahun pun masih menunjukkan level hormon ghrelin yang cukup tinggi.

Menariknya, hormon ghrelin dapat dikurangi dengan melakukan latihan yang intens. Jadi untuk menurunkan berat berat badan memang memerlukan latihan yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kesehatan tubuh Anda.

2. Hormon insulin
Selain berkaitan erat dengan kadar gula dalam darah, insulin juga berperan dalam masa pemulihan serta pembentukan otot.
Saat makanan tinggi karbohidrat masuk ke dalam tubuh, maka ada pembakaran lemak dalam tubuh.

Semakin tinggi karbohidrat yang dikonsumsi, semakin banyak pula insulin yang akan dirilis. Agar insulin ini efektif membakar lemak, konsumsilah karbohidrat yang baik yang dikenal dengan kompleks, seperti sayur dan buah-buahan.

3. Hormon leptin
Merupakan hormon yang berperan dalam pengiriman sinyal ke otak untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sedikit dan membakar lebih banyak kalori. Untuk memaksimalkan sensitivitas leptin, Anda perlu mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah yang kaya akan antioksidan.

4. Hormon adiponektin
Merupakan jenis hormon yang membantu meningkatkan kemampuan otot menyerap karbohidrat sebagai energi, meningkatkan metabolisme, menjaga berat badan serta mengontrol nafsu makan.

Untuk memaksimalkan produksi hormon ini dapat dilakukan dengan bergerak lebih aktif atau mengganti karbohidrat dalam diet Anda dengan lemak jenuh tunggal seperti buah alpukat.

5. Hormon epinefrin
Berperan penting untuk mendorong pembakaran lemak serta membantu menekan nafsu makan seseorang. Menariknya cara mengaktifkan hormon ini pun terbilang menarik, dapat dilakukan dengan olahraga. ** Baca juga: Apa Efek Mengurangi Konsumsi Nasi Putih?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)