oleh

Hobi Tak Biasa, Wanita AS Ini Koleksi Logo Merek Pisang dari Seluruh Dunia

Kabar6-Hobi yang dilakoni Becky Martz (70) ini memang terlihat berbeda dari kebanyakan orang. Wanita asal Orlando, Amerika Serikat, gemar mengkoleksi logo merek pisang dari seluruh dunia.

Martz, melansir cbs58, menghabiskan 29 tahun untuk menggeluti hobinya itu dengan mengkoleksi lebih dari 21 ribu merek pisang dari berbagai belahan dunia. Hobinya ini juga yang telah membawanya ke Jerman, Kosta Rika, dan Ekuador di mana Martz akhirnya bertemu dengan orang-orang dengan hobi sama, sehingga mereka dapat bertukar logo pisang.

“Apa yang membuat koleksi-koleksi ini sangat spesial buat saya adalah logo-logo merek pisang ini tidak berusia lama. Mereka biasanya dibuang. Untuk sejumlah alasan, itu bagi saya amat berharga. Saya sudah ‘menyelamatkan’ banyak logo merek pisang dari tong sampah atau kulit pisang di tanah,” kata Martz.

Disebutkan, Martz pertama kali menyadari betapa uniknya logo merek pisang ketika pada 1991, saat sedang menyusun buah di mangkuk. Ia melihat betapa tuanya usia logo pisang Dole yang berasal dari Guatemala, dan satu pisang lainnya dari Honduras, serta perbedaan logo pisang di setiap negara meski dari satu merek yang sama.

Nah, sejak saat itulah Martz mulai mengoleksi logo merek-merek pisang. “Para perusahaan pisang itu membuat design logo demi menarik perhatian pembeli. Saya suka pesan yang mereka sampaikan dan buat saya ini karya seni mungil. Ini juga gratis,” ujar Martz.

Beberapa tahun kemudian, putra Martz yang bernama Carl menemukan bahwa ibunya bagian kecil dari para kolektor label pisang di dunia. Dia juga menemukan beberapa website para kolektor logo pisang dari berbagai belahan dunia.

Martz yang sangat serius menekuni hobinya itu menghadiri beberapa kali pertemuan para kolektor logo pisang di berbagai negara, termasuk pertemuan yang terbesar yang digelar di Kosta Rika pada 2008 silam.

Namun tidak diketahui pasti berapa jumlah kolektor merek-merek pisang di dunia. Martz memperkirakan, jumlahnya di Amerika Serikat saja 25 orang, 50 orang dari Asia dan 200 kolektor di wilayah Tengah dan Selatan Amerika.

Banyak dari kolektor itu bekerja di industri pisang, namun ada juga pelayan hotel dan pemilik toko. ** Baca juga: Seorang Pria di Florida Pukuli ATM Karena Keluarkan Banyak Uang

Hobi yang unik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru