oleh

Hingga Akhir 2019, Bus Tanpa Sopir Bertenaga Listrik Diujicobakan di Berlin

Kabar6-Sebuah bus tanpa sopir dan kemudi, tengah diujicobakan di Berlin, Jerman, sampai akhir tahun ini. Bus yang menggunakan tenaga listrik tersebut hanya memiliki kapasitas enam orang saja.

Hal yang menarik, melansir DW, kendaraan canggih ini bukanlah hal yang baru di Jerman, karena bus tanpa listrik sudah dijalankan sejak 2017 di Bad Birnbach, Bayern. Bus ini hanya akan melaju dengan kecepatan maksimum 15 km/jam dalam kondisi jalan yang sepi dan menjangkau jarak dengan radius 600 meter.

Desain bus dibuat oleh sebuah perusahaan startup Prancis EasyMile, dan memiliki sensor yang dapat mendeteksi hambatan dan mengaktifkan rem otomatis.

Dalam kondisi darurat, misalnya ketika bus tidak dapat mendeteksi hambatan, penumpang yang sedang ada di dalam bus dapat mengambil alih kemudi dengan menggunakan joystick.

Rupanya, bus ini memang didesain untuk menjangkau jalan-jalan kecil yang tidak bisa dimasuki kendaraan besar serta memiliki batas kecepatan maksimum yang rendah.

Sekelompok masyarakat diuntungkan dengan adanya bus ini, terutama para lansia dan orang berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan dalam berjalan bahkan dalam jarak dekat.

Selain Berlin, Hamburg juga mengujicobakan bus tanpa sopir. Namun bus yang ada di Hamburg lebih besar, lebih cepat, dan berkendara lebih jauh.

Bus ini dapat mengangkut sebanyak 16 orang penumpang di atas rute sepanjang 3,6 km dengan kecepatan 50 km/hari dalam kondisi jalan yang normal. ** Baca juga: Juru Bicara Parlemen di Selandia Baru Pimpin Debat Sambil Gendong Bayi

Visi Jerman sendiri adalah ingin membawa kendaraan otomatis berteknologi tinggi ke tengah-tengah masyarakat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru