oleh

Hindari Terlalu Sering Stres dengan Sejumlah Kebiasaan Sehat

Kabar6-Seabrek kegiatan termasuk tekanan di tempat kerja, masalah cinta, rumah tangga yang tidak harmonis, dan lain-lain tentu saja dapat mendatangkan stres pada tiap orang dengan level yang berbeda.

Di sisi lain, sebagian orang bisa dengan mudah mengelola stres, melalui sejumlah kebiasaan sehat. Bagaimana mengelola stres dengan baik dan sehat? Melansir beberapa sumber, biasakan untuk tidak sungkan meminta bantuan. Ingat, orang hebat dan sepintar apa pun tetap saja perlu bantuan jika sudah benar-benar diperlukan. Dalam situasi tertentu, orang-orang yang jarang stres melakukannya demi menyelesaikan semua urusan.

Kemudian, prioritaskan tidur, makan, dan berolahraga. Sarapan adalah waktu makan terpenting dan jangan lupa berolahraga setiap pagi. Jadikan itu bagian dari rutinitas setiap hari. Jangan tidur terlalu malam, agar esok hari pikiran menjadi jernih dan siap untuk melakukan apa pun.

Selanjutnya adalah menjaga kesehatan emosional. Jangan paksakan diri jika Anda sudah merasa ‘penuh’ dan tidak bisa berpikir lagi. Rileks dan lakukan hal-hal yang bisa membuat hati, perasaan, dan pikiran kembali tenang. Orang-orang yang jarang stres selalu menjaga kesehatan emosionalnya karena menyadari hal itu sangat berkaitan dengan kesehatan fisik.

Hal lain adalah hindari ‘drama’. Mereka dengan stres rendah cenderung orang yang tidak suka bergosip dan menimbulkan drama dengan orang lain, karena menyadari bahwa hal itu bisa menguras waktu dan energi emosional, yang lebih baik digunakan untuk hal-hal positif lain.

Lalu jangan paksakan diri saat sedang sakit. Orang dengan tingkat stres yang rendah biasanya langsung ‘menyerah’ dan mengajukan cuti sakit ke kantor. Bukan karena mereka tidak ingin tetap berjuang, tetapi karena tahu bahwa semakin cepat istirahat, maka semakin cepat mereka sembuh.

Terakhir adalah tahu cara bersenang-senang dan menikmati hidup. Meskipun orang hebat biasanya memiliki hidup yang lebih terencana, mereka tetap tahu bersenang-senang dan bagaimana caranya menikmati hidup, agar tidak terlalu stres. ** Baca juga: Menurut Pria, Wanita Tanpa Rias Wajah Lebih Menarik

Mereka bisa membedakan antara yang bisa dikontrol dan yang tidak bisa. Jadi, mereka tidak selalu membawa semua hal menjadi serius sehingga akhirnya bisa membuat stres sendiri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru