oleh

Hindari Risiko Kegemukan, Pilih 6 Menu Sarapan Sehat

Kabar6-Sebagian orang sengaja melewatkan waktu sarapan, salah satunya karena takut gemuk. Padahal, tidak sarapan bukan merupakan cara tepat untuk tubuh lebih sehat sekaligus menurunkan berat badan.

Mengapa demikian? Meninggalkan sarapan, berarti Anda berisiko dengan beragam penyakit. Tidak hanya itu, sarapan dinilai sangat penting sebelum Anda menjalani aktivitas maupun bekerja seharian.

Bagaimana solusinya? Pemilihan menu makanan yang sehat, melansir TabloidBintang, dapat membantu menghindari risiko kegemukan. Berikut enam menu sarapan sehat yang disarankan:

1. Oatmeal
Ganti sereal dan susu Anda dengan satu porsi oatmeal. Tidak hanya membuat kenyang, oatmeal juga mengandung serat tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan serta jantung. Jika bosan dengan rasa oatmeal, tambahkan buah-buahan seperti pisang, stroberi atau apel.

2. Yoghurt
Anda yang terbiasa minum susu di pagi hari bisa menggantinya dengan yoghurt agar tubuh tetap mendapat asupan kalsium namun minus lemak. Tambahkan buah-buahan agar Anda tidak bosan dengan rasanya yang tawar.

3. Roti isi tuna
Jika Anda ingin sarapan sehat sekaligus menurunkan berat badan, roti isi tuna bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Coba ubah kebiasaan Anda mengisi roti bakar dengan keju atau mentega, dan menggantinya dengan sedikit tuna dicampur mayones rendah lemak.

Diketahui, lemak ikan tuna merupakan sumber asam lemak Omega 3 yang memainkan peran penting dalam fungsi kognitif. Mengonsumsi makanan tinggi Omega 3 tidak hanya akan membuat Anda tetap fokus, tetapi juga membantu menurunkan berat badan.

4. Jeruk
Lebih baik mengonsumsi jeruk segar ketimbang jus jeruk kemasan. Jika Anda ingin meminum jus jeruk, sebaiknya buat sendiri dan jangan tambahkan gula. Jeruk mengandung lebih banyak serat yang membuat metabolisme Anda lebih lancar dan perut lebih kenyang.

5. Mentega
Anda yang memiliki kebiasaan makan roti dengan selai di pagi hari, bisa mengganti selai dengan mentega murni tanpa garam. Selain lebih sehat, mentega juga memberi energi lebih ketimbang selai. Ganti roti biasa dengan roti gandum yang lebih berserat.

6. Beras merah manis
Sarapan jenis ini dapat memberikan manfaat nutrisi dari biji-bijian dan serat yang akan membuat perut kenyang untuk waktu yang lama.

Untuk sarapan, masak beras merah pada malam hari sebelumnya, kemudian tambahkan sedikit madu dan apel cincang di nasi pada pagi harinya. ** Baca juga: Kenali Apa Itu Virus Hanta?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru