oleh

Hindari Pikun di Usia 40-an

Kabar6-Faktor usia seringkali menjadi penyebab utama menurunnya daya ingat seseorang, terutama pada wanita yang mulai mengalami memory decline saat menginjak usia 50 tahun. Tetapi ada kalanya penurunan kualitas daya ingat tersebut menurun saat Anda berusia 45 tahun.

Bagaimana menghindari pikun saat usia 40-an? Dikutip dari berbagai sumber, ini cara sederhana yang dapat Anda lakukan sedini mungkin:

1. Jaga berat badan ideal
Menurut sebuah penelitian, seorang wanita yang kelebihan berat badan di usia 65 hingga 79 menunjukkan skor rendah dalam kemampuan kognitif otak. Sedangkan pada wanita yang memelihara berat badan yang ideal, otak mereka mengalami peningkatan kognitif yang cukup pesat.

2. Tidur tepat waktu
Pola tidur ‘berantakan’ yang terjadi terus menerus tak hanya dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti serangan jantung hingga depresi, tapi juga dapat menurunkan kemampuan otak dalam menyimpan informasi. Ironisnya, faktor satu ini banyak dialami oleh para wanita muda yang memang memiliki tuntutan kerja yang sangat tinggi.

3. Rutin olahraga
Menurut hasil penelitian, kunci untuk memiliki hidup yang sehat sekaligus ingatan kuat adalah dengan berolahraga. Sebuah penelitian terkini mengungkapka, seseorang yang rutin berolahraga selama kurang lebih lima menit memiliki kemampuan menyerap informasi apa pun yang masuk ke dalam otak, sehingga proses belajar pun menjadi semakin cepat. ** Baca juga: Bekerja dengan Pencahayaan Minim dalam Ruangan Tidak Disarankan

Studi lain mengungkapkan, olahraga aerobik ternyata bisa memperbesar ukuran hippocampus, bagian otak yang berfungsi untuk menyerap informasi dan memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Durasi 30 menit berolahraga setiap hari saja bisa membawa manfaat yang besar terhadap kemampuan berpikir Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru