oleh

Hindari Penularan dari Anggota Keluarga yang Sedang Sakit

Kabar6-Ketika ada salah satu anggota keluarga yang sakit, misalnya terserang flu atau batuk, biasanya akan menular kepada orang-orang di rumah dengan sangat cepat. Karena itulah, tiap anggota keluarga disarankan untuk selalu menjaga kebersihan sekaligus kesehatan tubuh.

Bagaimana caranya? Melansir WebMd, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penularan dari anggota keluarga yang sakit. Apa sajakah itu?

1. Sering cuci tangan
CDC (Centers of Disease Control and Prevention) mengatakan, mencuci tangan itu seperti vaksin yang dilakukan sendiri, dan menjadi salah satu cara terbaik untuk menghentikan kuman yang coba menyerang. Mencuci tangan dengan bersih dan baik merupakan langkah awal mencegah penularan penyakit.

2. Gunakan hand sanitizer
Hand sanitizer biasanya lebih efektif membunuh mikroorganisme, dibandingkan sabun dan air. Pilih Hand Sanitizer yang minimal mengandung 60 persen alkohol, karena alkohol yang kurang dari 60 persen tidak begitu kurang efektif dalam membunuh berbagai jenis kuman. Mungkin hanya menghentikan beberapa kuman untuk bertumbuh, tapi tidak membunuhnya.

3. Jagalah kebersihan lingkungan rumah
Bersihkan setiap sudut di rumah seperti, dapur, kamar tidur, ruang tamu, kamar anak, kaca jendela (kisi-kisi), rak sepatu, halaman rumah (garasi), dan lain-lain. Tidak sekadar menghilangkan kuman, tetapi untuk membunuh kuman-kuman. Pilih pembersih yang mengandung disinfektan dan sudah memiliki BPOM pada label.

4. Bersihkan mainan anak-anak
Bersihkan mainan anak-anak, terutama ketika penyakit menyerang buah hati Anda. Karena tanpa disadari, balita sering memasukkan mainan ke mulut mereka.

5. Hindari sampah yang menumpuk
Sampah yang menumpuk di rumah tidak hanya menimbulkan bau, tapi juga bisa menjadi pemicu penyebaran kuman di sekitar ruangan, termasuk ‘mengundang’ tikus, semut atau serangga lain berdatangan. Gunakan plastik khusus sampah dan ikat dengan ketat, buanglah pada tempat/bak sampah di luar pekarangan rumah.

6. Jangan sediakan makanan untuk orang lain ketika Anda sakit
Ketika Anda sakit flu, beristirahatlah dengan cukup. Jangan menyiapkan makanan, terutama untuk keluarga kita, selama 48 jam ke depan, sampai gejala flu sembuh, agar aman. Hal ini karena kuman mudah sekali menyebar, bisa lewat udara atau apapun yang kita sentuh.

7. Jaga kebersihan toilet rumah
Toilet merupakan tempat paling rentan kuman, karena disanalah tiap hari kita membersihkan diri, BAB dan BAK. Jadi penting untuk rajin membersihkan permukaan seperti wastafel, toilet, dan lantai kamar mandi, terutama jika kita atau anggota keluarga ada yang sakit perut (diare), muntah atau flu.

8. Bersihkan alat-alat pembersih rumah
Terkadang kuman masih bisa hidup atau bertahan di spons atau kain yang kita gunakan. Cuci kain pembersih dengan air panas. Atau gunakan kain desinfektan sekali pakai atau serbet kertas, dan buang ketika pakai.

9. Ganti sikat gigi lama dengan yang baru.
Menurut ADA (American Dental Association), sebaiknya kita mengganti sikat gigi tiap tiga atau empat bulan sekali.

10. Jaga jarak
Jika kita sakit, hindari untuk tidur satu ruangan dengan keluarga yang sehat, terutama anak-anak, karena biasanya mereka lebih rentan terhadap kuman.

11. Gunakan masker
Gunakan tisu dan masker ketika kita sakit flu atau batuk. Jangan gunakan masker secara berulang-ulang, gantilah masker dua kali sehari. Buang segera ke tempat sampah masker atau tisu yang sudah digunakan, jangan biarkan menumpuk.

12. Vaksinasi.
Vaksin adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit tertentu. Selalu jalani imunisasi teratur pada keluarga kita. ** Baca juga: Media Sosial Bisa Jadi Salah Satu Penyebab Gangguan Makan?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru