oleh

Hindari Melihat Jam Saat Terbangun di Tengah Malam, Ini Alasannya

Kabar6-Mungkin Anda termasuk orang yang sering terbangun di tengah malam, dan secara refleks langsung melihat jam. Padahal, kebiasaan itu tidak disarankan alias harus dihindari. Apa alasannya?

Menurut seorang pakar tidur bernama Michelle Drerup, PsyD, melansir Grid, menghindari melihat jam saat terbangun di malam hari adalah salah satu cara sederhana untuk mengatasi gangguan tidur ringan. Dikatakan Drerup, ketika terbangun di malam hari dan melihat jam, pikiran kita tidak akan berhenti sampai di situ saja.

“Kamu akan mulai menghitung, memikirkan berapa lama sejak kamu berada di tempat tidur hingga terbangun, dan apa yang harus dilakukan pada esok hari. Dan sebelum kamu menyadarinya, waktu yang kamu pakai untuk berpikir telah berlalu dan itu memotong waktu tidur,” urainya.

Rasa cemas karena tidak bisa tidur dapat berkontribusi pada insomnia. Jadi, ketimbang memerhatikan jarum jam dan membuat Anda justru merasa khawatir, cobalah untuk bangun dari tempat tidur. Apabila sekira 20 menit kemudian Anda belum juga bisa tidur, cobalah untuk menenangkan pikiran. ** Baca juga: Hal Penting yang Harus Diperhatikan untuk Jaga Air Minum Kemasan Tetap Aman dan Bersih

Anda bisa melakukan sesuatu yang santai seperti membaca buku, mendengarkan musik atau minum teh hangat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru