oleh

Hindari Larut dalam Kesepian Agar Jantung Tetap Sehat

Kabar6-Kesepian yang dirasakan seseorang ternyata tidak hanya berdampak pada perubahan sikap, tetapi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lain yang cukup besar.

Beberapa studi juga menunjukkan tingginya angka konsumsi rokok pada orang-orang yang kesepian. Rokok mengandung beberapa jenis bahan berbahaya yang apabila dikonsumsi dapat mengganggu fungsi jantung.

Kesepian dan isolasi sosial, melansir hellosehat, dapat memicu timbulnya stres, yang merupakan awal dari pembentukan zat-zat peradangan dalam tubuh. Peradangan ini dapat menimbulkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah. Selain itu, stres juga mengakibatkan peningkatkan tekanan darah yang nantinya berdampak kurang baik terhadap jantung.

Nah, agar tidak larut dalam kesepian, ada beberapa ha yang bisa dilakukan, antara lain menyeimbangkan kehidupan sosial dengan media sosial. Cara terbaik untuk mengurangi rasa kesepian adalah dengan ‘kembali’ ke kehidupan beberapa tahun lalu, di mana gadget belum dominan seperti saat ini.

Sediakan waktu untuk berkumpul dan berbincang tatap muka dengan keluarga (misalnya saat makan bersama), relasi, ataupun komunitas yang memiliki hobi sama. Gadget pun sebenarnya baik apabila digunakan sebagaimana mestinya. Melalui gadget, seseorang dapat berinteraksi dan bertukar informasi dalam kelompok.

Aktivitas bersama-sama mempunyai efek positif, salah satunya dapat menciptakan bonding antarindividu. Aktivitas bersama ini tidak hanya dapat dilakukan dengan keluarga saja, tetapi juga dengan saudara, kerabat, atau teman yang memiliki kesamaan hobi.

Berbagai jenis kegiatan dapat dilakukan bersama misalnya berolahraga, rekreasi, hingga diskusi pekerjaan. Dengan terbiasa melakukan kegiatan bersama, waktu untuk merasa ‘sendiri’ diharapkan akan berkurang. ** Baca juga: Riset Buktikan, Makanan Manis Bikin Tubuh Lelah

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru