oleh

Hindari Kekurangan Vitamin & Mineral dalam Keseharian

Kabar6-Asupan nutrisi yang lengkap sangat dibutuhkan agar kondisi tubuh selalu sehat. Anda dapat memperoleh nutrisi biasanya didapat dari makanan yang kita konsumsi. Sayangnya, masih banyak orang yang kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi antara lain karena tidak menyukai beberapa bahan makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Lantas, bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang kurang tersebut? Selain mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang mencukupi, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin. Melansir Womantalk, semakin bertambahnya usia, kebutuhan gizi manusia juga meningkat. Pada saat yang sama, tubuh semakin sulit menyerap nutrisi. Nah, mengonsumsi multivitamin dapat mengimbangi kekurangan ini.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi multivitamin dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Vitamin B1, B2, B6, K1, Niacin (B3), dan magnesium, semua berperan dalam kesehatan jantung. Konsumsi vitamin juga dikaitkan dengan menurunnya risiko beberapa penyakit kanker.

Vitamin C adalah antioksidan yang dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin D dan E juga meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara vitamin A, C, E, Niacin (B3), dan selenium mendukung kesehatan mata. Lutein dan Zeaxanthin juga melindungi mata dari gelombang cahaya berbahaya.

Sebuah Penelitian mengungkapkan, vitamin B3 (Niacin), biotin, dan Vitamin C sangat penting untuk kesehatan rambut. Untuk kulit yang sehat, Anda harus mengonsumsi Vitamin A, C, dan E. Vitamin dikaitkan dengan peningkatan energi, perasaan nyaman, serta penurunan stres dan kecemasan. ** Baca juga: Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Jadi apabila Anda merasa kekurangan vitamin dan mineral, sebaiknya mengonsumsi vitamin tambahan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru