oleh

Hindari 5 Makanan Ini Saat Alami Sindrom Perut Sensitif

Kabar6-Seringkali saat mengonsumsi makanan tertentu, Anda mengalami kondisi ‘tidak enak’ pada perut, yang disebut sindrom perut sensitif atau irritable bowel syndrome.

Solusinya tentu saja dengan menghindari makanan yang bisa memicu perut sensitif, sehingga gejala kram dan perut kembung akan semakin berkurang. Makanan yang mengandung serat seperti gandum, biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan. Namun terlalu banyak serat dapat memicu diare. Makan terlalu banyak serat yang tidak larut air dapat semakin meningkatkan aktivitas buang air besar (BAB).

Jadi lebih baik memfokuskan diri pada makanan mengandung serat yang larut air seperti sayuran dan buah-buahan. Hal yang perlu diingat, serat tidak larut air dapat meredakan konstipasi, dan juga bisa membuat Anda merasa kembung. Melansir healthline, berikut lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat Anda mengalami sindrom perut sensitif:

1. Padi-padian
Jika gandum mengandung serat tidak larut air yang bisa menyebabkan munculnya sindrom perut sensitif, maka beberapa jenis padi-padian dapat menyebabkan masalah lain. Beberapa jenis padi-padian seperti barley mengandung gluten yang merupakan jenis protein yang dapat merusak saluran cerna dan memperburuk gejala dari perut sensitif.
Sementara ada beberapa orang yang juga menderita alergi gluten, dikenal dengan nama penyakit celiac, dan paling tidak setengah dari penderita perut sensitif juga mengalami intoleransi gluten.

Namun saat ini sudah tersedia produk bebas gluten di pasaran. Jika gemar mengonsumsi pizza, pasta, cake atau kue, Anda bisa gunakan bahan-bahan bebas gluten supaya terhindar dari gejala perut sensitif.

2. Susu
Susu bisa menimbulkan masalah, karena mengandung lemak yang dapat menyebabkan diare. Anda bisa menggantinya dengan susu rendah lemak atau susu bebas lemak untuk meminimalisir gejala sindrom perut sensitif.

Banyak penderita perut sensitif juga mengalami intoleransi laktosa, yang artinya mereka tidak bisa mencerna laktosa didalam susu. Jika ingin menikmati yoghurt, Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai dan keju.

Pastikan juga berkonsultasi pada dokter Anda dengan suplemen kalsium jika memutuskan untuk menghindari produk susu secara keseluruhan.

3. Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng tidak hanya lebih cepat untuk dimasak, tetapi juga memiliki rasa yang lezat. Tetapi Anda harus ingat jika makanan yang digoreng mengandung lemak yang sangat tinggi yang bisa memicu gejala perut sensitif.

4. Kacang-kacangan
Kacang secara umum merupakan sumber protein dan serat yang baik, tetapi kacang juga bisa menyebabkan munculnya gejala perut sensitif. Selain itu, makanan yang mengandung kacang-kacangan juga akan meningkatkan gas dalam perut, perut kembung dan kram. Jadi jika Anda adalah salah seorang penderita perut sensitif, maka sebaiknya hindari makanan yang mengandung kacang-kacangan.

5. Kopi
Kopi juga dapat memberikan efek stimulasi pada organ pencernaan yang dapat meningkatkan terjadinya diare. Jadi jika Anda adalah salah satu penderita perut sensitif, maka kopi dan minuman lain yang mengandung kafein seperti soda dan teh adalah jenis minuman yang harus Anda hindari. ** Baca juga: Hitung Protein dalam Telur Rebus

Jadi hindari keenam jenis makanan atau minuman tadi saat perut sedang sensitif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru