Hilangkan Pegal, Ternyata Ada Bahaya di Balik Pijatan yang Kurang Tepat, Lho

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pijat adalah salah satu cara untuk meredakan pegal dan nyeri pada bagian-bagian tertentu tubuh.

Pijat sendiri adalah suatu tindakan menekan dan atau mendorong kulit, otot, tendon, dan ligament. Biasanya dilakukan oleh seorang terapis atau ahli pijat, yang dapat dilakukan dengan menggunakan tangan, siku, dan bahkan kaki.

Pijat atau urut telah menjadi salah satu pilihan terapi alternatif untuk mengatasi nyeri badan akibat kelelahan atau cedera tertentu, seperti terkilir. Cara ini memang telah terbukti dapat mengurangi rasa nyeri, mengurangi ketegangan otot, dan bahkan mengurangi stres.

Berdasarkan berbagai penelitian, melansir Mayoclinic, pijat atau urut juga diduga bermanfaat untuk mengatasi beberapa seperti mengurangi rasa cemas, gangguan pencernaan, fibromialgia (suatu penyakit yang menyebabkan rasa nyeri di beberapa otot sekaligus), nyeri kepala, insomnia yang disebabkan oleh stres, nyeri otot akibat cedera, nyeri otot akibat cedera saat berolahraga.

Meskipun demikian, Anda juga disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter apabila keluhan tidak berkurang.

Nah di sisi lain, terdapat beberapa kondisi tertentu di mana pijat atau urut tidak boleh dilakukan. Kondisi yang dimaksud adalah:

1. Mempunyai kelainan pembekuan darah
2. Mengonsumsi obat pengencer darah
3. Terdapat luka bakar pada kulit
4. Adanya luka terbuka atau luka yang belum sembuh pada kulit                                      5. Trombosis vena dalam
6. Mengalami patah tulang
7. Menderita osteoporosis berat (pengeroposan tulang yang berat)
8. Trombositopenia berat (kadar trombosit di dalam darah sangat rendah)

Pijat atau urut pada umumnya tidak membahayakan, akan tetapi penekanan yang terlalu berlebihan dapat membahayakan.

Beberapa hal yang dapat terjadi akibat penekanan berlebihan tersebut adalah perdarahan organ dalam, kerusakan saraf, kelumpuhan sementara, dan reaksi alergi akibat minyak atau krim pijat. ** Baca juga: Asupan Sehat Saat Kondisi Loyo Tiap Akhir Pekan

Jadi usahakan memilih terapis yang sudah berpengalaman, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(ilj/bbs)