oleh

Hati-hati, Menu Sarapan Ini Ternyata Bikin Pinggang Tambah Melar

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak hanya sarapan memberi energi, sarapan pun dapat pengendalian berat badan serta mempersempit risiko diabetes dan penyakit jantung. Meskipun demikian, Anda pun sebaiknya memperhatikan juga menu sarapan.

Ternyata ada beberapa menu sarapan yang dapat membuat lingkar pinggang menjadi makin melar. Apa sajakah menu yang dimaksud? Dikutip dari hellosehat.com, berikut uraiannya:

1. Sereal manis
Sereal sarapan mengandung banyak gula. Bahkan, gula merupakan bahan yang biasanya berada di urutan pertama atau kedua dalam daftar komposisi. Semakin tinggi urutan suatu bahan dalam daftar komposisi, semakin besar kuantitas yang digunakan.

Sereal sarapan kemasan pada umumnya bisa mengandung hingga sekitar 20 gram atau lebih gula dalam satu porsi penyajian. Asupan gula tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

2. Pancake
Pancake biasanya ‘ditemani’ dengan guyuran sirup gula atau selai cokelat dan taburan gula halus, yang berisi sirup jagung tinggi fruktosa. Nah, sirup jagung berfruktosa tinggi dapat menyebabkan peradangan yang mendorong resistensi insulin, yang juga dapat menyebabkan kondisi pradiabetes atau diabetes tipe 2.

3. Omelet
Telur kaya protein berkualitas tinggi, lemak sehat, serta banyak vitamin dan mineral penting. Namun jika omelet penuh mentega, parutan keju, dan irisan daging berlemak, tentu akan menambah lingkar pinggang Anda. Ganti isi omelet Anda dengan irisan berbagai macam sayuran segar, yang bisa menambahkan asupan serat dan nutrisi.

4. Roti panggang & sandwich
Roti putih biasa menjadi menu sarapan yang bikin pinggang tambah melar karena dua alasan penting. Pertama, roti putih tinggi karbohidrat olahan dan rendah serat. Oleh karena itu, roti panggang dapat melonjakkan kadar gula darah Anda, yang mengarah pada kebiasaan ngemil sepanjang siang.

Kedua, sebagian besar margarin olesan mengandung lemak trans, yang buruk bagi kesehatan. Ada sejumlah besar bukti bahwa lemak trans sangat bersifat meradang dan meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit. ** Baca juga: Ada 4 Alasan Penyebab Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang

5. Nasi goreng
Nasi goreng adalah sumber kolesterol tinggi. Sepiring nasi goreng kaya akan kalori dan lemak. Jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah faktor yang berperan besar dalam menentukan kadar lemak akhir. Memasukkan irisan daging berlemak juga meningkatkan kadar lemak, terutama jika daging telah digoreng sebelum dimasukkan dalam nasi.

Bagaimana dengan menu sarapan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru