oleh

Hati-hati, Duduk dan Nonton TV Terlalu Lama Bisa Picu Penyakit

Kabar6-Para ilmuwan mengklaim, duduk dalam waktu lama meningkatkan kesempatan Anda dalam mengatasi masalah mobilitas di kemudian hari.

Sering duduk dan menonton televisi yang berkepanjangan menyebabkan TIGA FOLD yakni meningkatkan risiko pengembangan kesulitan berjalan di kemudian hari, berdasarkan sebuah penelitian baru telah menunjukkan.

Studi yang diikuti oleh sekelompok orang sehat berusia antara 50-71 selama 10 tahun itu, melansir She, mendapati bahwa duduk berkepanjangan sangat berbahaya bila dikombinasikan dengan tingkat aktivitas fisik yang rendah.

Peserta yang menonton TV lima jam atau lebih, memiliki risiko 65 persen lebih tinggi melaporkan cacat mobilitas di akhir studi, dibandingkan dengan mereka yang menonton TV dalam jumlah sedikit (kurang dari dua jam per hari), terlepas dari tingkat mereka aktivitas fisik.

Namun, mereka yang memiliki tiga jam per minggu atau kurang aktivitas fisik ternyata lebih cenderung mengalami kesulitan berjalan pada akhir penelitian.

“Duduk dan menonton TV dalam waktu lama (terutama di malam hari) menjadi salah satu hal paling berbahaya yang bisa dilakukan orang tua,” ungkap Profesor Loretta DiPietro, penulis utama studi dari George Washington University di Washington, DC.

Studi ini muncul seminggu setelah Public Health England mengumumkan bahwa Inggris menghadapi bom timbangan kesehatan yang mengejutkan karena tidak aktif.

Survei tersebut menunjukkan bahwa lebih dari enam juta orang setengah baya Brits gagal mengelola jalan cepat 10 menit dalam sebulan. ** Baca juga: Cara Sehat Konsumsi Daging Kambing Olahan Tanpa Khawatir Alami Pusing

“Seiring bertambahnya usia, semakin sedikit kita menggunakan otot kita, semakin buruk ukuran dan kualitasnya,” jelas dr. James Brown dari Aston University dan wali dari British Society for Research on Aging.(ilj/bbs)

Berita Terbaru