oleh

Hati-hati, Diet Super Ketat Bahayakan Kesehatan Wanita

Kabar6-Banyak orang yang tidak sabar menjalani tahap diet. Sebagian ingin mendapatkan hasil diet yang instan. Nah, hal inilah yang membuat diet tidak sukses, dan justru membuat berat badan bertambah.

Di satu sisi, tidak sedikit orang yang nekat menjalankan diet super ketat, agar berat badan turun dengan cepat. Dilansir Vemale, berikut adalah efek merugikan yang akan timbul jika Anda menjalankan diet super ketat:

1. Keseimbangan elektrolit terganggu
Keseimbangan elektrolit dalam tubuh bisa terganggu bila berat badan turun drastis dalam waktu singkat. Dampaknya pun bisa memengaruhi fungsi kardiovaskular. Bahkan, kadar sodium dalam tubuh bisa menurun yang membuat tubuh jadi gampang letih dan pusing.

2. Metabolisme menurun
Diet ketat yang mengurangi asupan kalori bisa membuat tubuh bekerja lebih keras menghemat energi, sehingga sistem metabolisme jadi menurun. Apalagi kalau tubuh tidak mendapat cukup protein, otot tubuh menjadi lemas dan membuat kinerja metabolisme jadi lebih lambat.

3. Kekurangan mineral
Diet super ketat bisa membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Kurang zat besi bisa menyebabkan anemia, sementara kekurangan kalsium dan vitamin D bisa menyebabkan osteoporosis.

4. Dehidrasi
Turunnya berat badan drastis karena diet super ketat juga menyebabkan penurunan kadar air dalam tubuh. Bukan lemak yang hilang, malah tubuh kekurangan banyak cairan. Aibatnya, Anda akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala, letih, hingga sembelit. Kalau kondisi dehidrasi terjadi dalam jangka waktu lama bisa berdampak lebih serius seperti terganggunya fungsi ginjal.

5. Sistem keseimbangan tubuh terganggu
Keseimbangan tubuh bisa tetap terjaga bila perubahan terjadi setahap demi setahap. Tapi kalau perubahan berat badan terjadi secara drastis, keseimbangan tubuh bisa terganggu. Perubahan yang terlalu drastis membuat tubuh kesulitan untuk merespon dan menyesuaikan dirinya. ** Baca juga: Selain Haus, Ada 5 Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Proses menurunkan berat badan yang paling tepat adalah setahap demi setahap, bukan dengan cara instan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru