oleh

Hati-hati, Beberapa Kondisi Ini Bisa Bikin Mr P Menyusut

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ukuran Mr P masih saja menjadi masalah yang merisaukan sebagian besar kaum adam. Tidak heran jika banyak pria yang mencoba berbagai cara agar ukuran Mr P mereka menjadi lebih besar.

Tampaknya belum banyak pria yang menyadari bahwa ada berbagai faktor yang bisa membuat Mr P semakin menyusut. Apa sajakah itu? Dikutip dari Klinikseksologi, ini dia lima faktor yang dimaksud itu:

1. Kegemukan
Secara fisik, berat badan sebenarnya tidak mengubah ukuran Mr P menjadi lebih pendek atau lebih panjang. Namun jika seorang pria memiliki tubuh gemuk, jumlah lemak di daerah sekitar Mr P pun akan semakin banyak. Artinya, Mr P akan terlihat memendek karena tertutup lemak.

2. Usia
Mr P bisa menyusut karena ketidakseimbangan hormon, termasuk hormon seks atau testosteron. Kekurangan testosteron bisa membuat tonus (kontraksi) otot pria mengecil, termasuk mengurangi ketegangan pada Mr P. Berkurangnya testosteron secara alamiah disebabkan oleh bertambahnya usia.

3. Penyakit sistemik
Pada orang-orang tertentu, bisa terjadi percepatan penurunan testosteron. Artinya, penurunan testosteron terjadi lebih cepat dari normal. Misal, seharusnya penurunan testosteron terjadi pada usia 70 tahun, tapi karena faktor tertentu bisa dipercepat hingga terjadi di usia 45 tahun. Hal ini biasanya karena penyakit yang sifatnya sistemik (mem1engaruhi seluruh tubuh), seperti sakit ginjal, jantung, liver, diabetes.

4. Efek samping obat-obatan
Obat-obatan tertentu juga memiliki efek samping mengecilkan kelamin pria, terutama obat-obatan herbal yang belum teruji secara medis. Di dalam tumbuh-tumbuhan atau obat herbal, entah yang diekstrak atau dihaluskan, ada zat yang belum termurnikan.

Contohnya, obat pare. Ada zatnya yang bisa merusak sperma, karenanya saat ini sedang diteliti untuk dijadikan kontrasepsi pria. Mengkudu juga bisa menurunkan sperma, karena memiliki sifat menekan produksi sel aktif, hingga khasiat ini dimanfaatkan untuk menekan sel kanker yang merupakan sel aktif. Tapi efek sampingnya bisa menurunkan sperma, yang juga merupakan sel aktif.

5. Stres
Tanpa disadari, stres juga menjadi salah satu penyebab Mr P menyusut, karena secara langsung kondisi ini menghambat produksi hormon seks testosteron. Kurangnya testosteron akan membuat libido menurun, jarang bercinta, hingga ukuran Mr P yang bisa menyusut. ** Baca juga: Raih Orgasme Itu Mudah

Periksa lagi apa yang menjadi penyebab Mr P Anda tampak menyusut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru