oleh

Hati-hati, Ada 5 Bahaya Penggunaan Tisu Toilet Bagi Kesehatan Miss V

Kabar6-Biasanya tisu kamar mandi dipakai untuk mengeringkan atau mengelap organ intim usai buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Benda yang satu ini memang sangat bermanfaat dan memudahkan setiap orang untuk selalu bersih sekaligus tidak lembap.

Namun tahukah Anda, penggunaan tisu toilet dapat menyebabkan iritasi pada area Miss V, dan memicu penyakit serius lainnya? Melansir Popmama, ini lima bahaya penggunaan tisu toilet bagi kesehatan Miss V:

1. Reaksi alergi
Secara teknis, kita akan alergi terhadap kandungan kimia pada tisu toilet, sebab adanya bahan pengawet atau parfum yang digunakan dalam produk tersebut.

Akibatnya, dapat menyebabkan Vulvitis yang merupakan suatu kondisi peradangan pada Miss V, ditandai dengan rasa gatal, terbakar, kemerahan, atau bengkak.

Apabila muncul gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda segera menggunakan tisu tipe baru dan ganti merek. ** Baca juga: Tubuh Fit dengan Jalankan 3 Pilar Pola Hidup Sehat

2. Infeksi bakteri
Alasan mendasar mengapa Anda dianjurkan untuk menghindari penggunaan kertas tisu toilet beraroma, karena bahan kimia yang dibuat dapat menggangu pH normal Miss V. Hal tersebut akan memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi jamur.

3. Luka pada jaringan halus
Jika Anda menyeka terlalu kasar atau kertas tisu toilet yang keras dapat menyebabkan luka kecil pada Miss V. Jaringan di daerah tersebut sangat halus, pastikan Anda tidak terlalu kasar saat menyeka karena luka pada jaringan tersebut dapat menyebabkan iritasi, pembengkakan, atau infeksi. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan air untuk membersihkan organ intim.

4. Infeksi saluran kemih
Mungkin terlihat aneh bahwa sesuatu yang digunakan untuk membersihkan Miss V kita dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Namun, ternyata salah satu penyebab infeksi saluran kemih adalah masuknya bakteri ke saluran kemih melalui lubang kencing.

Upayakan untuk menyeka Miss V dari depan ke belakang. Jangan basuh dari belakang ke depan karena akan memindahkan mikroba dari area anus ke Miss V dan saluran kemih.

5. Bahan pemutih pada tisu buruk untuk kesehatan
Studi yang dipublikasikan di jurnal Environnmental Science and Technology menyebutkan jika tidak sedikit tisu kamar mandi atau toilet yang mengandung bahan pemutih di dalamnya. Sekilas, tisu yang mengandung pemutih terlihat sangat bersih dan sehat.

Namun jangan salah, tisu ini justru sangat berbahaya untuk kesehatan, juga memungkinkan seseorang berisiko menderita kanker lebih besar saat menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Agar tisu kamar mandi tidak terlalu berbahaya, pastikan Anda tisu yang benar-benar bersih dan tidak mengandung zat kimia berlebih. Usahakan pula agar tidak menggunakan tisu daur ulang atau pun tisu yang mengandung pemutih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru