oleh

Haruskan Kita Tidur Siang?

Kabar6-Sebagian orang sering meluangkan waktu untuk tidur siang, entah itu di rumah, saat istirahat siang di kantor, atau bahkan saat dalam perjalanan menggunakan transportasi umum.

Studi menunjukkan, tidur siang juga sangat bagus untuk orang dewasa. Melansir WebMd, penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang memainkan peranan penting dalam menyimpan ingatan. Tidur sebentar dapat membantu kita mengingat hal-hal yang dipelajari pada pagi hari sebanyak tidur semalam penuh. Tidur sebentar membuat kita terhindar dari melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.

Tidur siang juga bisa membantu otak menarik koneksi di antara hal-hal yang kita temukan. Dalam sebuah penelitian, para nappers merasa lebih mudah untuk mengumpulkan informasi yang mereka dapatkan pada hari sebelumnya.

Ketika melakukan tugas berulang kali sepanjang hari, kinerja kita terkadang bisa menurun bahkan bertambah buruk seiring berlalunya waktu. Studi menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu kita tetap lebih konsisten.

Tidur siang juga mempengaruhi suasana hati (mood). Jika kita merasa sedih, cobalah tidur siang untuk ‘mengangkat’ semangat. Tidur siang, atau hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan atau suasana hati.

Para ahli mengatakan, rileksasi yang datang dari berbaring dan beristirahat adalah pendorong suasana hati. Baik ketika kita tidur ataupun hanya beristirahat.

Jika kita mulai merasa sedikit mengantuk setelah makan siang, jangan merasa aneh. Itu adalah normal. Tidur siang selama 20 menit setelah makan siang dapat membantu kita melawan kelopak mata yang berat.

Disebutkan, tidur siang lebih baik ketimbang kafein. Jika kita merasa lelah tetapi harus bekerja atau belajar untuk menyelesaikannya, lebih baik tidur sejenak daripada minum kopi. Karena dibandingkan kafein, tidur siang dapat membawa memori dan pembelajaran jauh lebih baik.

Apabila Anda harus melakukan perjalanan yang jauh dan harus menyetir kendaraan, tidak ada dalanya tidur sebentar sebelum bepergian. Semakin lama tidur siang, semakin baik.

Saat kita berada di bawah banyak tekanan, tidur siang dapat melepaskan stres dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Para ahli percaya bahwa tidur siang selama 30 menit dapat meningkatkan imun tubuh.

Tidur siang bahkan dapat membantu detak jantung lebih baik. Sebuah penelitian menemukan, orang yang tidur siang selama 45-60 menit memiliki tekanan darah lebih rendah ketika mengalami stres mental. Jadi tidur sebentar dapat membantu tubuh kita pulih dari situasi yang penuh tekanan.

Diketahui, tidur siang yang biasanya dimulai 70-90 menit, mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan citra dan mimpi. Tidur siang dapat membantu kita mendapatkan ide atau pemikiran baru dan membuat lebih kreatif.

Studi menunjukkan, tidur siang selama 30 menit antara pukul 13.00 atau 15.00, dikombinasikan dengan olahraga ringan seperti berjalan dan peregangan di malam hari, membantu meningkatkan tidur di malam hari. Kesehatan mental dan fisik juga bisa menjadi lebih baik.

Untuk anak-anak, tidur siang sangat penting untuk belajar dan berkembang pada usia tersebut. Anak-anak yang tidur siang secara teratur lebih mampu mengingat hal-hal yang mereka pelajari.

Karena kemampuan memori jangka pendek terbatas pada usia itu, anak-anak yang lebih kecil (muda) perlu lebih sering tidur siang. Itu adalah bagian penting dari bagaimana otak bekerja pada memori si anak. ** Baca juga: 6 Mitos Tentang COVID-19 yang Sebaiknya Anda Ketahui

Hal yang perlu diketahui, untuk mendapatkan manfaat paling banyak dari tidur siang, kita perlu mengatur waktu dengan benar. Beberapa orang mengatakan bahwa tidur siang lebih baik antara pukul 14.00 dan pukul 15.00.(ilj/bbs)

Berita Terbaru