oleh

Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Lebak Ajak Warga Kenali Bahaya dan Kurangi Risikonya

Kabar6-Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diperingati setiap tanggal 26 April dimanfaatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa Lebak merupakan daerah rawan bencana.

“Kita ini hidup di daerah yang rawan bencana, sehingga taglinenya adalah kenali bahayanya kurangi risikonya dan siap untuk selamat,” kata Febby di Alun-alun Rangkasbitung, Selasa (26/4/2022).

Meski pengetahuan dan pemahaman masyarakat Lebak terhadap kebencanaan sudah cukup baik, namun kata Febby, sosialisasi dan edukasi sangat penting diberikan secara terus menerus.

“Kalau tidak dirawat terus menerus akan hilang dan akan abai, itu artinya orang mudah menganggap ittu hal yang biasa. Makanya kenapa kita terus harus menyampaikan ini, karena kita ingin menjaga kewaspadaan masyarakat bahwa kita adalah daerah rawan bencana,” terang Febby.

Lebih lanjut kata Febby, masyarakat juga diharapkan berperan aktif terutama dalam upaya pengurangan risiko bencana.

**Baca Juga: Daya Dukung Lingkungan Kabupaten Lebak Dinilai Makin Buruk

“Kita ingin masyarakat membentuk komunitas-komunitas pengurangan risiko bencana, menetukan titik kumpul, tempat evakuasi. Karena penanggulan bencana terutama saat evakuasi, 40 persennya adalah diri sendiri, kami hanya beberapa persen lah. Jadi semakin masyarakat paham peduli dan proaktif, insya Allah hal itu yang akan menyelamatkan mereka ketika bencana,” papar dia.

Ramainya masyarakat yang menunggu waktu berbuka puasa di kawasan alun-alun dimanfaatkan BPBD Lebak dengan mendirikan tenda yang di dalamnya dipamerakan peralatan-peralatan keselamatan evakuasi bencana dan mensosialisasikan informasi tentang kebencanaan dengan membagi-bagikan flayer dan brosur serta melalui tayangan video edukasi.(Nda)