oleh

Hari Ini, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak

Kabar6-PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak memprediksi puncak arus balik di Pelabuhan Merak Banten terjadi malam ini atau H+6 Lebaran 2015.

Diperkirakan, lebih dari 120.000 pemudik, baik pemudik pejalan kaki maupun dalam kendaraan akan kembali ke Pulau Jawa dari sejumlah daerah di Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

Menager Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Nana Sutisna mengatakan, volume pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung sudah mulai mengalami peningkatan sejak dini hari kemarin atau H+5 Lebaran.

Ia memprediksi, arus balik akan tersebut berlangung secara bertahap hingga Minggu, 26 Juli mendatang.

“Kemarin sudah mulai ada peningkatan, terlihat jumlah penumpang kapal dari Pelabuhan Bakaheuni penuh. Namun puncaknya diprediksi hari ini malam sampai Sabtu dinihari,” kata Nana saat ditemui di Pelabuhan Merak, Jumat (24/7/2015).

Untuk memperlancar arus pemudik yang tiba dari Pelabuhan Bakauheni, PT ASDP berkoordinasi dengan pihak TTM terkait armada bus yang akan mengantarkan pemudik ke daerah tujuan masing-masing. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan. **Baca juga: Usai Lebaran, Harga Kebutuhan Belum Stabil.

“Kami berkoordinasi mengenai armada bus yang nantinya akan mengantarkan penumpang ke daerah tujuan masing-masing, agar arus pemudik yang kembali dapat berjalan lancar. Jangan sampai terjadi penumpukan, baik di pelabuhan maupun di areal terminal,” ujarnya.(van)

Berita Terbaru