oleh

Hari Air Sedunia, Ini Langkah FKP PDAM TKR

Kabar6-Forum Komunikasi Pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (FKP PDAM TKR) melakukan sejumlah kegiatan dalam perayaan Hari Air Sedunia, 22 Maret 2022.

“FKP PDAM TKR Kabupaten Tangerag mengucapkan selamat Hari Air Sedunia,” ujar Ketua FKP PDAM TKR Kabupaten Tangerang, Sutikno, Selasa (22/3/2022).

Ia mengatakan, dimana tema Hari Air Sedunia atau World Water Day 2022 adalah “Air Tanah, Membuat Yang Tak Terlihat Menjadi Terlihat”. Kendati, dari tema tersebut terkandung makna bahwa sumber daya air yang berada di dalam tanah sangatlah penting.

Selain itu, tema ini juga menjelaskan peran penting air tanah dalam sistem air dan sanitasi, pertanian, industri, ekosistem, dan adaptasi perubahan iklim. Sebab air tanah sendiri menyediakan hampir setengah dari sumber air di seluruh dunia.

Mengingat begitu pentingnya air tersebut, maka FKP PDAM TKR Kabupaten Tangerang bersinergi dengan Forum Komunikasi Pelanggan Air Minum Nasional (Forpamnas) mendorong unsur air masuk ke dalam 10 bahan pokok yang pertama dan utama.

“Karena air merupakan unsur esensial dan mutlak yang tidak bisa tergantikan jika dibandingkan dengan bahan pokok yang lain. Ketika tidak ada beras, masih bisa disubstitusi dengan ubi, singkong dan lain-lain. Ketika tidak ada daging sapi, maka bisa digantikan dengan lauk/daging lain. Jadi air merupkan kebutahan yang sangat mutlak dan tak tergantikan perannya bagi kehidupan,” katanya.

Untuk itu FKP PDAM TKR bersama Forpamnas mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk ramah dan bijak dalam pemakaian air serta ramah terhadap lingkungan agar kekayaan air tetap terjaga.

**Baca juga:Perumdam TKR Hattrick Perusahaan Air Minum Tersehat di Indonesia

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh FKP PDAM TKR Kabupaten Tangerang bersama Forpamnas dalam upaya membantu menjaga kualitas dan kuantitas air antara lain : aksi penanaman pohon di hulu sungai dan daerah aliran sungai, bakti sosal kebersihan sungai dan lain-lain.

“Kami berharap kegiatan-kegiatan ramah lingkungan tersebut dapat menginspirasi elemen masyarakat yang lain demi kelestarian sumber daya air/alam kita,” tandasnya. (Oke)