oleh

Harga Hewan Qurban di Kabupaten Tangerang Naik

Kabar6-Jelang Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah, harga sapi untuk hewan qurban di Kabupaten Tangerang mulai mengalami kenaikan. Kenaikan harga  dipengaruhi oleh biaya kirim, harga pakan, dan ongkos perawatan.

“Harga sapi naik 30 hingga 40 persen atau tiga juta rupiah per ekor, jadi sekarang harganya kisaran Rp 15 juta sampai 25 juta per ekor,” kata Empud, pedagang sapi untuk hewan kurban di Jalan Raya Mauk, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Sabtu (28/9/2013).

Kenaikan harga tersebut, kata Empud, antara lain dipicu oleh kenaikan biaya ongkos kirim karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) juga naik.

Selain ongkos kirim, juga terkait kenaikan harga pakan konsentrat seperti pakan ampas tahu yang sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram kini menjadi Rp 18 ribu per kilogram, serta kenaikan pakan dedak padi dan rumput.

Diakui Empud, akibat kenaikan ongkos kirim dan harga pakan, sapi jenis Sapi Simmental dan Sapi Jawa yang ia datangkan dari Malang, Jawa Timur turut mengalami kenaikan.

Untuk sapi jenis tersebut, Empud menjual Rp 15 juta per ekor untuk sapi berbobot 1,5 kuintal. Untuk sapi dengan bobot 2 hingga 2,5 kuintal, harganya mencapai Rp 25 juta per ekor.

Menurutnya, kenaikan harga sapi juga dipengaruhi oleh biaya perawatan. Untuk satu ekor sapi, membutuhkan biaya perawatan sebesar Rp 500 ribu.

“Kenaikan ongkos perawatan juga terjadi untuk hewan kurban domba dan kambing, biayanya Rp 50 ribu hingga 100 ribu per ekor,” ujarnya.(bbs/jus)

Berita Terbaru