oleh

Harga Cabai Jelang Bulan Puasa di Lebak Naik 19 Persen

Kabar6-Menjelang bulan Ramadan, sejumlah harga komoditas sayuran yang menjadi bumbu dapur di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Lebak mulai mengalami kenaikan.

Salah satunya harga cabai. Kenaikan terjadi pada semua jenis cabai, seperti cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit hijau dan merah.

“Untuk cabai rawit hijau kenaikan rata-rata dari tujuh pasar sekitar 19 persen. Semisal di Pasar Rangkasbitung, pantauan kami Senin kemarin harga per kilogramnya Rp35.000, pada pantauan minggu lalu Rp25.714,” kata Kasi Pengembangan Usdag Disperindagpas Lebak, Agus Reza, Rabu (24/4/2019).

Sementara kenaikan mencapai 18 persen atau sekitar Rp4.714 terjadi pada komoditas cabai merah keriting.

“Memang berbeda antara pasar satu dengan pasar lain. Misalnya di Pasar Rangkas harga cabai merah keriting Rp35.000, sementara di Pasar Bayah per kilogramnya Rp18.000,” ungkap Reza.

Perbedaan harga tersebut kata dia disebabkan jarak antara pasar dengan titik pasokan.

“Di Bayah, berarti itu lebih dekat dengan Sukabumi ditambah lagi memang beberapa daerah kita sebagai daerah penghasil. Beda dengan bawang yang memang berasal dari daerah Jawa,” urainya seraya menambahkan kenaikan harga bawang berkisar 10 persen untuk jenis bawang putih.

Reza menuturkan, kenaikan harga sejumlah komoditas ini terjadi sejak dua minggu lalu.**Baca juga: Soal Tempat Hiburan Malam Jelang Ramadhan, Begini Kata Disporabudpar Kabupaten Tangerang.

“Stabilisasi harga hanya bisa kami lakukan pada bahan-bahan sembako seperti beras, minyak dan lain-lain,” tutup Reza.(Nda)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru