oleh

Harga Beras Melonjak, Konsumen di Pasar Rau Ngeluh

Kabar6-Harga beras berbagai jenis di Pasar Induk Rau (PIR) mengalami kenaikan. Untuk beras kualitas rendah, dijual dengan harga Rp 11ribu per kilogram dari harga normalnya Rp 9ribu per kilogram. Sedangkan beras premium, dari sebelumnya Rp12 ribu, kini menjadi Rp 13.500 per kilogram.

“Enggak tahu telat panen apa permainan (tengkulak), enggak tahu. (Pembeli) pada ngeluh,” kata Irul, pedagang toko Beras Amanah di PIR, Kota Serang, Selasa (16/01/2017).

Menurut prediksi Bulog, kenaikan harga beras hampir terjadi di seluruh wilayah Banten. Dimana, beras dari Bulog disalurkan ke pedagang yang kemudian dijual seharga Rp9,300 per kilogram ke konsumen.

“Ada kenaikan harga beras. Rp11ribu-Rp12 ribu sampai ada yang Rp 13ribu per kilogram, beras jenis medium normalnya Rp8ribu-Rp9 ribu per kilogram,” kata Arlan Ismail, Petugas Penyakit Beras Operasi Pasar (OP) Badan Urusan Logistik (Bulog), saat ditemui di PIR, Kota Serang, Banten, Selasa (16/01/2017).

Guna menekan kenaikan harga beras, Bulog melakukan Operasi Pasar (OP) di beberapa pasar, seperti di Pasar Baros Kabupaten Serang, Pasar Lama dan PIR Kota Serang.

Di PIR, Buloh sub Divre Serang menyalurkan 16 ton beras, lalu di Pasar Baros satu ton, sedangkan di Pasar Lama disalurkan sebanyak tiga ton beras tipe premium.**Baca Juga: SDIP Insan Robbani Tigaraksa Gelar Tes Peserta Didik Baru.

“(Beras yang kita salurkan) jenis beras medium, dijual Rp9.300 per kilogram. OP udah seminggu yang lalu,” terangnya.(dhi)

Berita Terbaru