oleh

Harga Bawang Putih di Lebak Rp50 Ribu Per Kilogram

Kabar6-Harga komoditi bawang putih di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak masih sangat tinggi. Harga per 1 kilogram bawang puting masih menyentuh Rp50.000.

“Hasil pantauan kami hari ini, untuk harga bawang putih Rp50.000 per kilogram. Ini mengalami penurunan karena pekan lalu hampir menembus Rp60.000,” kata Kabid Perdagangan Disperindag Lebak, Agus Reza, Senin (17/2/2020).

Meski belum signifikan, tapi mulai stabilnya harga bawang putih impor yang naik akibat dampak dari wabah virus Corona dari Cina dikarenakan pasokan lama yang sudah mulai dikeluarkan oleh pihak distributor.

“Ini pasokan lama sudah mulai dikeluarkan oleh distributor. Memang bawang putih yang masuk ke pasar kita kebanyakan impor ya dari China dan Vietnam,” papar Reza.

**Baca juga: Pascabencana, 6,5 Hektar Lahan di Lebak Ditanami Vertiver.

Disperindag Lebak telah berkoordinasi dengan Pemprov Banten untuk mengatasi melambungnya harga bawang putih yang dalam kondisi normal berkisar Rp37.000 per kilogram.

“Tahun lalu antisipasi tingginya harga dilakukan dengan operasi pasar (OP). Nah, ini sudah kami koordinasikan dengan provinsi. Termasuk dengan Dinas Pertanian kabupaten untuk mengantisipasi kenaikan harga,” jelas Reza.(Nda)

Berita Terbaru