oleh

Hanya Bermodalkan Stiker, Seorang Nenek di Jepang Tipu Supermarket

Kabar6-Banyak supermarket di berbagai negara maju yang menerapkan sistem self-checkout atau kasir mandiri, dan mesin ini beroperasi secara otomatis. Biasanya kasir disediakan supermarket untuk memudahkan pengunjung yang hanya belanja 1-3 barang saja.

Namun kelemahannya, mesin kasir tidak ada yang mengawasi, sehingga justru menjadi celah penipuan konsumen jahil. Nah, celah ini yang dimanfaatkan oleh seorang nenek asal Wakayama, Jepang, berusia 83 tahun.

Nenek yang tidak disebutkan namanya ini, melansir Soranews24, harus berurusan dengan polisi setelah tertangkap menipu supermarket langganannya. Usut punya usut, nenek ini memiliki cara unik untuk menipu. Pertama, ia mengaku menggunakan mesin kasir mandiri untuk membeli makanan yang sedang diskon. Menyadari bahwa stiker makanan diskon itu bisa dilepas, ia mulai menempelkan stiker itu di makanan lainnya yang tidak diskon.

Hal yang aneh, meski ia menempelkan stiker yang berbeda dari produk makanan yang dibelinya, mesin kasir itu tetap memberikan harga diskon karena stiker harga palsu yang ditempel tadi.

Lantaran ketagihan dengan potongan harga yang murah untuk semua barang yang dibelinya, nenek itu kemudian melakukan aksi penipuan yang sama selama beberapa kali.

Hingga akhirnya pada suatu hari, nenek ini tertangkap basah tengah menempelkan stiker harga makanan yang didiskon ke satu karton telur yang akan dibelinya. Ia pun langsung diamankan oleh petugas keamanan di sana.

Ternyata, nenek ini sudah diawasi oleh pihak supermarket, setelah sebelumnya manajer supermarket itu menyadari ada beberapa produk makanan yang tidak didiskon, tapi terjual dengan harga diskon yang sangat murah.

Meski tidak dijelaskan berapa banyak kerugian yang disebabkan dari penipuan ini, sang nenek dibebaskan secara bersyarat dengan proses hukum yang berlaku. ** Baca juga: Ilmuwan Inggris Kembangkan Masker yang Diklaim Mampu Bunuh Virus Corona dalam Waktu 1 Jam

Banyak netizen di Jepang yang mempertanyakan aksi nenek ini. “Astaga usia nenek ini sudah 83 tahun? Saya yakin dia tidak semiskin itu, ia hanya ingin barang dan makanan diskon saja,” komentar seorang netizen.

“Jadi kita sebenarnya bisa menempelkan stiker harga diskon di benda apa saja? Wow sistem kasir mandiri ini memang belum sempurna,” tulis netizen lain.(ilj/bbs)

Berita Terbaru