oleh

Hanya 20 Koperasi Sangat Sehat di Lebak

Kabar6-Tiga puluh koperasi di Kabupaten Lebak ingin kembali aktif. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bakal melakukan pembinaan terhadap puluhan koperasi tersebut.

“Mereka ingin aktif kembali sehingga kami bina ulang. Mereka rekonstruksi dari kepengurusan, lalu kami verifikasi kekayaannya, verifikasi utang-piutangnya dan lain sebagaianya. Setelah itu terdata dan dikembalikan ke semula, koperasi itu bisa dianggap aktif,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lebak, Babay Imroni, Sabtu (22/2/2020).

Babay mengatakan, terdapat 4 fase koperasi yakni koperasi sangat sehat, sehat, aktif dan tidak aktif. Dari ratusan koperasi di Lebak, hanya 20 koperasi yang dianggap sangat sehat dengan grade nilai di atas 90.

“Koperasi yang sehat dengan grade nilai antara 70-90 sebanyak 310, koperasi aktif dengan grade nilai 40-60 sebanyak 520 dan tidak aktif grade nilai 40 ke bawah itu 30 yang sedang dalam pembinaan,” terang Babay.

Koperasi aktif hanya melaporkan tanpa melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) atau sebaliknya melaksanakan RAT akan tetapi tidak didukung dengan laporan per triwulan.**Baca juga: Sambal Lebak Tembus Pasar Modern Abu Dhabi.

“Progres kegiatannya tidak tampak. Makanya kami angkat agar progresnya bagus, permodalan dan jumlah anggotanya bertambah agar bisa masuk kategori koperasi sehat,” jelas Babay.(Nda)

Berita Terbaru