oleh

Hangatkan Makanan Sisa dengan Cara Sehat

Kabar6-Sering kali saat membeli lauk pauk Anda tidak menghabiskannya, entah karena kekenyangan atau memang sengaja menyisakan sebagian untuk dimakan nanti malam atau malah keesokan harinya.

Saat akan dimakan kembali, Anda biasanya akan memanaskan atau menghangatkan lagi lauk pauk tadi. Nah, bagaimana cara menghangatkan makanan yang tepat dan aman? Melansir beberapa sumber, berikut cara sehat menghangatkan kembali makanan sisa:

1. Cairkan makanan yang disimpan dalam freezer
Anda tidak bisa langsung memanaskan sisa makanan yang disimpan di dalam freezer. Pasalnya, waktu pemanasan yang disarankan kemungkinan tidak akan cukup untuk melelehkan makanan yang membeku, apalagi membuatnya kembali hangat.

Jadi, Anda harus mencairkan makanan yang beku lebih dulu. Namun caranya tentu bukan dengan mengguyurkan air panas ke atas makanan, karena cara ini justru mempercepat perkembangbiakan bakteri pada makanan.

Lebih baik masukkan makanan ke kulkas bawah dan biarkan selama beberapa jam. Jika Anda menginginkan cara yang lebih cepat, coba tempatkan wadah berisi makanan di atas baskom berisi air. Diamkan selama 30 menit dan ganti airnya secara berkala.

2. Gunakan alat yang tepat untuk memanaskan makanan sisa
Hindari penggunaan alat masak yang memakan waktu. Sebagai gantinya, panaskan makanan dalam microwave dengan suhu tinggi agar kembali hangat dengan cepat. Jika Anda ingin memanaskan makanan berkuah, gunakanlah panci yang panas.

Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan alat dan metode apa pun untuk memanaskan makanan yang disimpan di kulkas. Namun, pastikan suhu alat masak sudah cukup panas agar makanan tersebut tidak terlalu lama berada dalam suhu ruang. ** Baca juga: Cara Sehat Simpan Makanan Sisa

3. Jangan langsung mengonsumsi makanan yang baru dipanaskan
Anda mungkin sudah tidak sabar untuk mengonsumsi sisa masakan lezat yang dibeli kemarin. Namun, jika Anda memakai microwave untuk memanaskan makanan, tunggulah sekira tiga menit sebelum Anda menyentuhnya.

Makanan yang keluar dari microwave biasanya sangat panas. Ini karena microwave terus memanaskan makanan walaupun bahan-bahan di dalamnya sudah matang. Jadi, berhati-hatilah saat mengeluarkan makanan agar kulit dan lidah Anda tidak terbakar.

Ketika Anda tidak sanggup menghabiskan makanan, menyisakannya merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan membuangnya. Meski begitu, Anda harus memastikan bahwa makanan tersebut aman dan tidak terkontaminasi oleh mikroba.

Ikutilah cara menyimpan dan menghangatkan makanan yang tepat. Namun, bila Anda tidak yakin dengan kondisi dan keamanan sisa makanan, sebaiknya buang makanan tersebut untuk menghindari dampak yang tidak diharapkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru