oleh

Hand Sanitizer Lebih Ampuh Dibanding Cuci Tangan dengan Air?

Kabar6-Mencuci tangan diketahui sebagai salah satu cara ampuh untuk membasmi kuman dan virus. Nah, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics mengungkapkan, hand sanitizer ternyata lebih baik dalam menangkal kuman ketimbang cuci tangan.

Sebuah penelitian dilakukan selama delapan bulan di Spanyol. Penelitian ini mempelajari efek hand sanitizer terhadap kesehatan pernapasan 911 anak usia tiga tahun ke bawah yang berada di 24 pusat penitipan anak. Hasilnya, melansir womantalk, anak-anak yang hanya diberi hand sanitizer untuk membersihkan tangan sepanjang hari, memiliki jumlah kehadiran paling banyak di tempat penitipan anak. jadi, anak yang menggunakan hand sanitizer lebih sehat dan lebih sering hadir di tempat penitipan anak, dibandingkan dengan mereka yang memilih mencuci tangan.

Lantas, apakah kita tidak perlu repot-repot lagi mencuci tangan dengan air dan sabun? Menurut Dr. Robert Glatter, M.D., asisten profesor dokter spesialis emergency medicine, ternyata masih sangat penting untuk cuci tangan dengan sabun dan air. Hand sanitizer memiliki tujuan praktis karena sudah bisa membersihkan tangan hanya dengan memberikan beberapa tetes di seluruh tangan dan di antara jari-jari.

“Setelah makan atau setelah batuk dan bersin, hand sanitizer adalah alternatif yang bagus untuk saat Anda benar-benar tidak bisa cuci tangan dengan sabun dan air di bawah keran, daripada tidak sama sekali,” jelasnya. ** Baca juga: Minum Air Putih Berikan Keuntungan Anda & Pasangan Saat Bercinta

Dr. Robert menekankan, cuci tangan di bawah air mengalir menggunakan sabun, dan menggosok-gosokkan tangan selama 20-30 detik hingga ke sela-sela jari, masih dianggap sebagai cara paling ampuh membasmi kuman dan virus, dibandingkan dengan hand sanitizer.(ilj/bbs)

Berita Terbaru